Asthenopia pada Mahasiswa Universitas Tarumanagara dan Hubungannya dengan Lama Waktu Penggunaan Laptop
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v13i4.1178Keywords:
asthenopia, laptop, online, untarAbstract
Pandemi COVID-19 menyebabkan peningkatan penggunaan perangkat elektronik karena banyaknya aktivitas berpindah menjadi online. Peningkatan penggunaan komputer (desktop), tablet, dan laptop atau penggunaan perangkat elektronik lainnya, seperti smartphone, atau e-book reader telah meningkatkan kejadian asthenopia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kejadian mata lelah atau asthenopia pada mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, serta membandingkan angka kejadian tersebut pada mahasiswa di kedua fakultas tersebut sekaligus melihat hubungan antara lamanya penggunaan laptop dengan kejadian asthenopia. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Responden penelitian ini berjumlah 347 responden yang merupakan gabungan dari mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara Angkatan 2019-2021 yang sudah melakukan pembelajaran daring minimal 5 bulan. Teknik analisis data dengan Chi-Square. Prevalensi asthenopia pada Fakultas Kedokteran sebesar 86,26% dan Fakultas Teknik sebesar 82,35% dengan total keseluruhan pada kedua fakultas sebesar 85.30%. Tidak terdapat perbedaan tingkat kejadian asthenopia antara mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara. Selama pembelajaran daring, 98.10% mahasiswa Fakultas Kedokteran dan 92.94% Fakultas Teknik menghabiskan waktu >2 jam untuk belajar dengan menggunakan laptop. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antar gejala dengan waktu menatap layar laptop. Hasil uji Chi-Square menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.122 yang artinya tidak ada hubungan antara lama waktu menatap layar laptop dengan gejala asthenopia.
References
Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Abuallut, I., Qumayi, E. A., Mohana, A. J., Almalki, N. M., Ghilan, M. E., Dallak, F. H., Mahzari, S. M., Makrami, A., Tawhari, A., Ajeebi, R. E., & Bakri, S. M. (2022). Prevalence of asthenopia and its relationship with electronic screen usage during the covid-19 pandemic in jazan, saudi arabia: a cross-sectional study. Clinical Ophthalmology, 16, 3165–3174. https://doi.org/10.2147/OPTH.S377541
Agarwal, S., Goel, D., & Sharma, A. (2013). Evaluation of the factors which contribute to the ocular complaints in computer users. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 7(2), 331–335. https://doi.org/10.7860/JCDR/2013/5150.2760
Bahkir, F. A., & Grandee, S. S. (2020). Impact of the covid-19 lockdown on digital device-related ocular health. Indian Journal of Ophthalmology Ophthalmology, 68(11). https://doi.org/10.4103/ijo.IJO_2306_20
Balkaya, S., & Akkucuk, U. (2021). Adoption and use of learning management systems in education: The role of playfulness and self-management. Sustainability (Switzerland), 13(3). https://doi.org/10.3390/su13031127
Beng, J. T., Tiatri, S., Lusiana, F., & Wangi, V. H. (2020). Intensity of gadgets usage for achieving prime social and cognitive health of adolescents during the covid-19 pandemic. 478(Ticash), 735–741. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.116
Dousari, A. S., Moghadam, M. T., & Satarzadeh, N. (2020). COVID-19 (Coronavirus disease 2019): A new coronavirus disease. In Infection and Drug Resistance (Vol. 13). https://doi.org/10.2147/IDR.S259279
Ellyzabeth Sukmawati, Iwan Adhicandra, & Nur Sucahyo. (2022). Information System Design of Online-Based Technology News Forum. International Journal Of Artificial Intelligence Research, 1.2. https://doi.org/https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.593
Gasparinatou, A., & Xalkidou, S. (2020). Transactional distance: A systematic review. Open Education - The Journal for Open and Distance Education and Educational Technology, 16(2).
Gumunggilung, D., Doda, D. V. D., & Mantjoro, E. M. (2021). Hubungan jarak dan durasi pemakaian smartphone dengan keluhan kelelahan mata pada mahasiswa fakultas kesehatan unsrat di era pandemi covid-19. KESMAS, 10(2), 12–17.
Logaraj, M., Madhupriya, V., & Hegde, S. (2014). Computer vision syndrome and associated factors among medical and engineering students in chennai. Annals of Medical and Health Sciences Research, 4(2), 179. https://doi.org/10.4103/2141-9248.129028
Mohan, A., Sen, P., Shah, C., Jain, E., & Jain, S. (2020). Prevalence and risk factor assessment of digital eye strain among children using online e-learning during the covid-19 pandemic: digital eye strain among kids (desk study-1). Indian Journal of Ophthalmology, 69(1). https://doi.org/10.4103/ijo.IJO_2535_20
Musa, M., Sukmawati, E., Mahendika, D., Muhammadiyah Kupang, U., H Ahmad Dahlan, J. K., Putih, K., Oebobo, K., Kupang, K., Tenggara Timur, N., Negeri Gorontalo, U., Jend Sudirman No, J., Timur, D., Kota Tengah, K., Gorontalo, K., Serulingmas, S., Raya Maos No, J., Cilacap, K., Tengah, J., Tinggi Teknologi Bontang, S., … Timur, K. (2023). The Relationship between Students’ Spiritual and Emotional Intelligence with Subjects Learning Outcomes. Journal on Education, 05(04).
Ni Made Ernita Refayanti, Ni Made Laksmi Utari, Ni Made Ayu Surasmiati, I Wayan Eka Sutyawan, & I Made Sudarmaja. (2022). Gambaran kelelahan mata (asthenopia) pada mahasiswa program studi sarjana kedokteran fakultas kedokteran universitas udayana angkatan 2018 setelah berlakunya kuliah online. Jurnal Medika Udayana, 11(5). https://doi.org/10.24843.MU.2022.V11.i5.P08
Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1).
Rosenfield, M. (2011). Computer vision syndrome: a review of ocular causes and potential treatments. In Ophthalmic and Physiological Optics (Vol. 31, Issue 5, pp. 502–515). https://doi.org/10.1111/j.1475-1313.2011.00834.x
Said, K., Kurniawan, A., & Anton, O. (2018). Development of media-based learning using android mobile learning. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(3).
Sawaya, R. I. T., Meski, N. El, Saba, J. B., Lahoud, C., Saab, L., Haouili, M., Shatila, M., Aidibe, Z., & Musharrafieh, U. (2020). Asthenopia among university students: the eye of the digital screen. Journal of Family Medicine and Primary Care, 9(8). https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Teräs, M., Suoranta, J., Teräs, H., & Curcher, M. (2020). Post-Covid-19 Education and Education Technology ‘Solutionism’: a Seller’s Market. Postdigital Science and Education, 2(3). https://doi.org/10.1007/s42438-020-00164-x
V.K., S., & MS. (2012). Asthenopia. Kerala Journal of Ophthalmology, XXIV, 40–43.
Vallee, A., Blacher, J., Cariou, A., & Sorbets, E. (2020). Blended learning compared to traditional learning in medical education: Systematic review and meta-analysis. In Journal of Medical Internet Research (Vol. 22, Issue 8). https://doi.org/10.2196/16504
Vilela, M. A. P., Castagno, V. D., Meucci, R. D., & Fassa, A. G. (2015). Asthenopia in schoolchildren. Clinical Ophthalmology, 9, 1595–1603. https://doi.org/10.2147/OPTH.S84976
Wajuihian, S. O. (2015). Frequency of asthenopia and its association with refractive errors. African Vision and Eye Health, 74(1), 1–7. https://doi.org/10.4102/aveh.v74i1.293
Xu, Y., Deng, G., Wang, W., Xiong, S., & Xu, X. (2019). Correlation between handheld digital device use and asthenopia in chinese college students: a shanghai study. Acta Ophthalmologica, 97(3), e442–e447. https://doi.org/10.1111/aos.13885
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.