Penggunaan Teknologi Layanan Short Message Service terhadap Kepatuhan Pengobatan pada Pasien Tuberkulosis: Literatur Review

Authors

  • Lasarus Atamou Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia
  • Agus Setiawan Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia
  • Dwi Cahya Rahmadiyah Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.88

Keywords:

pengobatan, tuberculosis, short message service

Abstract

Penanggulangan permasalahan penyakit Tuberkulosis menjadi prioritas karena merupakan salah satu masalah kesehatan global termasuk di Indonesia. Pemerintah telah melakukan strategi pemecahan masalah tuberculosis dengan kebijakan khusus yaitu DOTS untuk memberikan pengobatan standar, melakukan monitoring dan evaluasi melalui petugas puskesmas untuk mengontrol dan memastikan pasien TB mengkonsumsi obat secara teratur. Beberapa teknologi informasi pendukung dibuat agar memudahkan komunikasi dua arah dari petugas Kesehatan ke pasien dan sebaliknya. Salah satu teknologi tersebut yaitu system layanan SMS terhadap kepatuhan pengobatan pada pasien TB. Peneliti menggunakan cara telaah jurnal/mereview literatur dari beberapa database diantaranya Scopus, Elsevier, Clinical Key dan online datebase lainnya. Kata kunci yang digunakan adalah “Pesan singkat” dan “Tuberculosis”, dan “Pengobatan”. Berdasarkan metode pencarian secara online dan penyeleksian jurnal ilmiah akhirnya dipilih dua belas artikel yang selanjutnya dilakukan telaah, didapatkan bahwa teknologi layanan Short Message Service memberikan manfaat kepatuhan mengkonsumsi OAT dan memberikan informasi kunjungan ulang yang berdampak pada kesembuhan pasien. Pasien dan juga petugas Kesehatan yang menangani TB dapat melayani secara efektif melalui komunikasi dua arah sehingga dapat menekan angka putus obat yang berdampak pada TB-MDR. Penggunaan teknologi layanan SMS sangat memberikan manfaat terhadap kepatuhan pengobatan pada pasien Tuberkulosis.

References

Albino, S., Tabb, K. M., Requena, D., Egoavil, M., Pineros-Leano, M. F., Zunt, J. R., & García, P. J. (2014). Perceptions and acceptability of short message services technology to improve treatment adherence amongst tuberculosis patients in Peru: A focus group study. PLoS ONE, 9(5), 1–6. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0095770

Anggana, R., & Ikasari, F. S. (2019). Pengembangan telenursing N-SMSI (Ners - Short Message Service Intervention) dalam perawatan pasien TB (Tuberkulosis) post rawat di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 9(04), 660–666. https://doi.org/10.33221/jiiki.v9i04.394

Babirye, D., Shete, P. B., Farr, K., Nalugwa, T., Ojok, C., Nantale, M., Oyuku, D., Ayakaka, I., Katamba, A., Davis, J. L., Nadunga, D., Joloba, M., Moore, D., & Cattamanchi, A. (2019). Feasibility of a short message service (SMS) intervention to deliver tuberculosis testing results in peri-urban and rural Uganda. Journal of Clinical Tuberculosis and Other Mycobacterial Diseases, 16(2019), 100110. https://doi.org/10.1016/j.jctube.2019.100110

Bediang, G., Stoll, B., Elia, N., Abena, J. L., Nolna, D., Chastonay, P., & Geissbuhler, A. (2014). SMS reminders to improve the tuberculosis cure rate in developing countries (TB-SMS Cameroon): A protocol of a randomised control study. Trials, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/1745-6215-15-35

Benedicta, S. M., Soewondo, P., & Sanyoto, D. V. (2019). Pengaruh Sistem Pengingat Melalui Pengiriman Pesan Singkat (Text-Messaging Reminder System) untuk Meningkatkan Kepatuhan Pasien dalam Pengobatan Tuberkulosis: Tinjauan Kasus Berbasis Bukti. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 3(2), 114–122. https://doi.org/10.22435/jpppk.v3i2.2331

Chen, T. C., Lin, W. R., Lu, P. L., Lin, C. Y., Lin, S. H., Lin, C. J., Feng, M. C., Chiang, H. C., Chen, Y. H., & Huang, M. S. (2011). Computer laboratory notification system via short message service to reduce health care delays in management of tuberculosis in Taiwan. American Journal of Infection Control, 39(5), 426–430. https://doi.org/10.1016/j.ajic.2010.08.019

Farooqi, R. J., Ashraf, S., & Zaman, M. (2017). The role of mobile SMS-reminders in improving drugs compliance in patients receiving anti-TB treatment from DOTS program. Journal of Postgraduate Medical Institute, 31(2), 156–162.

Gashu, K. D., Gelaye, K. A., Mekonnen, Z. A., Lester, R., & Tilahun, B. (2020). Does phone messaging improves tuberculosis treatment success? A systematic review and meta-analysis. BMC Infectious Diseases, 20(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12879-020-4765-x

Hesti, Platini; Bambang, Aditya; Gusgus, G. K. (2019). Tinjauan Dalam Meningkatkan Kepatuhan dan Perawatan Penderita Tuberkulosis : Tinjauan Literatur. Jurnal Surya, 11(02), 10–16.

Johnston, J. C., van der Kop, M. L., Smillie, K., Ogilvie, G., Marra, F., Sadatsafavi, M., Romanowski, K., Budd, M. A., Hajek, J., Cook, V., & Lester, R. T. (2018). The effect of text messaging on latent tuberculosis treatment adherence: A randomised controlled trial. European Respiratory Journal, 51(2). https://doi.org/10.1183/13993003.01488-2017

Kumboyono. (2017). Short message service as an alternative in the drug consumption evaluation of persons with tuberculosis in Malang, Indonesia. Japan Journal of Nursing Science, 14(2), 112–116. https://doi.org/10.1111/jjns.12140

Lester, R., Park, J. J., Bolten, L. M., Enjetti, A., Johnston, J. C., Schwartzman, K., Tilahun, B., & Delft, A. von. (2019). Mobile phone short message service for adherence support and care of patients with tuberculosis infection: Evidence and opportunity. Journal of Clinical Tuberculosis and Other Mycobacterial Diseases, 16, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.jctube.2019.100108

Nglazi, M. D., Bekker, L., Wood, R., & Hussey, G. D. (2013). Pesan teks telepon seluler untuk mempromosikan kepatuhan terhadap pengobatan anti-tuberkulosis : tinjauan sistematis. 1–16.

Panggabean, T. N., & Marpaung, A. P. (2019). Gambaran Aplikasi Pengingat Pasien Tb Paru Berbasis Sms Gateway Di Puskesmas Glugur Darat. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, vol 4 (2). https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JIPIKI/article/view/89/91

Prasetyo, Y. A. (2019). the Effect of Short Message Service (Sms) Texting on Medication Adherence Among Tuberculosis Patients. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 13(1), 49. https://doi.org/10.36051/jiki.v13i1.83

Sumari-De Boer, M., Pima, F. M., Ngowi, K. M., Chelangwa, G. M., Mtesha, B. A., Minja, L. M., Semvua, H. H., Mpagama, S., Mmbaga, B. T., Nieuwkerk, P. T., & Aarnoutse, R. E. (2019). Implementation and effectiveness of evriMED with short messages service (SMS) reminders and tailored feedback compared to standard care on adherence to treatment among tuberculosis patients in Kilimanjaro, Tanzania: Proposal for a cluster randomized controlled trial. Trials, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s13063-019-3483-4

Wagstaff, A., van Doorslaer, E., & Burger, R. (2019). SMS nudges as a tool to reduce tuberculosis treatment delay and pretreatment loss to follow-up. A randomized controlled trial. PLoS ONE, 14(6), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0218527

Yunita Sari, N. L. P. D. (2017). Pemanfaatan Sms Gateway Sebagai Upaya Optimalisasi Program Dots Dalam Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat Pasien Tuberkulosis Paru. Jurnal Kesehatan Terpadu, 1(2), 54–63. https://doi.org/10.36002/jkt.v1i2.268

Downloads

Published

03/28/2022

How to Cite

Atamou, L., Setiawan, A., & Rahmadiyah, D. C. (2022). Penggunaan Teknologi Layanan Short Message Service terhadap Kepatuhan Pengobatan pada Pasien Tuberkulosis: Literatur Review. Jurnal Keperawatan, 14(1), 253–264. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.88