Pengaruh Pemberian Tehnik Hipnotis Lima Jari terhadap Tingkat Stres Mahasiswa di Era New Normal

Authors

  • Sri Nyumirah Akademi Keperawatan Pasar Rebo
  • Lucia Firsty Puspita Krishna Akademi Keperawatan Pasar Rebo

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i2.860

Keywords:

hipnotis, lima jari, tingkat stres

Abstract

Stres yang dialami mahasiswa terutama mahasiswa keperawatan merupakan gangguan dalam tubuh seseorang yang terjadi perubahan dan tuntutan kehidupan baik secara eksternal maupun internal, sehingga menganggu kehidupan seseorang. Dampak yang terjadi karena stres tersebut dapat menganggu lingkungan, membahayakan diri karena merasa tertekan, tegang, dan merasa tidak nyaman dan tidak rileks. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian tehnik hipnotis lima jari dengan tingkat stres mahasiswa di era new normal di Akademi Keperawatan Pasar Rebo, dengan metode quasi eksperimen, pendekatan penelitian yang digunakan pre dan post test. Populasi yang digunakan semua mahasiswa keperawatan yang ada di Akademi Keperawatan Pasar Rebo. Cara mengambil sampel dengan total sampling. Pengumpulan data menggunakan google form yang dibagikan ke semua responden, kemudian direkap hasil jawaban responden dan dianalisis data yang digunakan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan jika nilai Sig = 0,0001 artinya lebih kecil dari alpha (0,05), sehingga Ho ditolak, yang artinya ada pengaruh pemberian tindakan hipnotis lima jari dengan tingkat stres yang dialami mahasiswa. Terapi hipnotis lima jari memberikan kondisi lebih santai, mahasiswa mampu merilekskan kondisi otot yang tegang, mengurangi stres, dan membuat rasa nyaman untuk individu yang mengalami stres, sehingga stress yang dialami menurun.

References

Awaludin, Sidik, Elly Nurachmah, Tri Wisesa Soetisna, Jahja Umar. (2021). “The Effect of a Smartphone-Based Perioperative Nursing Intervention: Prayer, Education, Exercise Therapy, Hypnosis, and Music toward Pain, Anxiety, and Early Mobilization on Cardiac Surgery”.

Donsu, Jenita DT. (2017). Psikologi Keperawatan.Yogyakarta.

Engelberta, Pardamean, and Michaella Janet Lazuard. (2019). “Hubungan Jenis Kelamin Dengan Stres Psikologis Pada Siswa-Siswi Di SMA Tangerang.” Nursing Current 7.

Fitriasari, Andikawati, Yurike Septianingrum, Syiddatul Budury. (2020). “Stres Pembelajaran Online Berhubungan Dengan Strategi Koping Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Keperawatan 12(4): 985–92.

Galvani. (2021). “Mengelola Stres Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Hipnotis Lima Jari.” Journal of Community Engagement in Health.

Jack, Amidos. (2020). “Penerapan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Dengan HIV/ Melalui Terapi Hipnotis Lima Jari.” Community of Publishing in Nursing 8.

Keliat. (2013). Prinsip Dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Edisi 1 Dan 2.

———. (2020). Mental Health and Psychosocial Support Covid-19: Keperawatan Jiwa.

Mahoney Michael. (2012). “Winning Hypnotherapy Program.”

Muhamad Syukri. (2017). “Efektivitas Terapi Hipnotis Lima Jari Terhadap Ansietas Klien Hipertensi Di Puskesmas Rawasari Kota Jambi Tahun 2017.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.

Muslim, Muhamad. (2020). “Manajemen Stres Pada Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Manajemen Bisnis,.

Nofrida. (2020). “Pengaruh Penerapan Hipnosis Lima Jari Untuk Penurunan Kecemasanpada Klien Diabetes Melitus.” Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan Avalilable Online.

Notoatmodjo, S. (2014). “Metodologi Penelitian Kesehatan.” Rhineka Cipta. Jakarta.

Putri, Agustin. (2022). “Penerapan Terapi Hipnosis Lima Jari Untuk Mengurangi Kecemasan Kader Pada Masa Pandemi.”

Retno Hastuti. (2015). “Pengaruh Terapi Hipnotis Lima Jari Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Stikes Muhammadiyah Klaten.” 10.

Rizkiya, K., Ph, L., & Susanti, Y. (2018). Pengaruh Tehnik 5 Jari Terhadap Tingkat Ansietas Klien Gangguan Fisik Yang Dirawat Di RSU Kendal. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1).

Ruhmadi, Edi, Ira Suwartika, and Agus Nurdin. (2014). “Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.” The Soedirman Journal of Nursing.

Rumbrar, David Martin, and Christiana Hari Soetjiningsih. (2022). “Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Beasiswa.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 13(3): 1–6.

Simanjutak. (2021). “Mengelola Stres di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Hipnosis Lima Jari.” Jurnal of Community Engangement in Health.

Sugiarto. (2012). “Hubungan Kecerdasan Dengan Daya Tahan Stres Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.”

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif ).

———. (2017). Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif ).

Wahyuningsih, Endah, and Eni Hidayati. (2019). “Hipnosis Lima Jari Terhadap Penurunan Cemas Pada Pasien Diabetus Mellitus.” Jurnal Ilmiah STIKES Kendal.

Yoga. 2018. “Hubungan Jenis Kelamin Dan Pengaruh Teman Sebaya Dengan Tingkat Stres Mahasiswa.” Jurnal KESMAS.

Yosep, Iyus. (2019). Buku Ajar Keperawatan Jiwa.

Zain. (2011). Cara Mengatasi Stres Dengan Hipnoterapi.

Downloads

Published

04/07/2023

How to Cite

Nyumirah, S., & Krishna, L. F. P. . (2023). Pengaruh Pemberian Tehnik Hipnotis Lima Jari terhadap Tingkat Stres Mahasiswa di Era New Normal. Jurnal Keperawatan, 15(2), 765–772. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i2.860