Manajemen Stres Mahasiswa dalam Menjalani Pembelajaran Campuran: Studi Kualitatif

Authors

  • Mei Rianita Elfrida Sinaga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta
  • Reni Puspitasari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i3.680

Keywords:

kampus merdeka, keperawatan, manajemen stres, pembelajaran campuran, stres akademik

Abstract

Pembelajaran campuran menyebabkan stres dan mempengaruhi kondisi fisik, mental dan emosi mahasiswa. Stres selama pembelajaran perlu diatasi dengan strategi yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi manajemen stres mahasiswa keperawatan dalam menjalani pembelajaran campuran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti mencari informasi kunci sampai data yang didapat mengalami pengulangan atau saturasi dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 partisipan dengan kriteria mahasiswa keperawatan yang sudah pernah diskrining, kategori stres sedang sampai berat, laki-laki maupun perempuan, berasal dari prodi diploma maupun sarjana di STIKes Bethesda Yakkum Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung menggunakan panduan. Pengolahan data dilakukan dengan transkrip data, kategorisasi, verifikasi, interpretasi, dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas partisipan adalah perempuan 70%, usia 20 tahun (60%), beragama Kristen (80%), lulusan SMA (90%), biaya pendidikan dari orang tua (70%) dan tinggal dengan orang tua atau kost 40% serta didapatkan enam tema manajemen stres yang dilakukan mahasiswa keperawatan dalam menjalani pembelajaran campuran yaitu belajar sendiri, manajemen waktu, mencari tempat dengan sinyal bagus, lakukan hobi, mencari support system, dan motivasi diri. Metode pembelajaran campuran diharapkan dapat meningkatkan kepuasan belajar mahasiswa, menjadi acuan dan pertimbangan dalam menentukan metode dan strategi pembelajaran dalam mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

References

Alborzkouh, P., Nabati, M., Zainali, M., Abed, Y., & Shahgholy Ghahfarokhi, F. (2015). A review of the effectiveness of stress management skills training on academic vitality and psychological well-being of college students. Journal of Medicine and Life, 8(Spec Iss 4), 39–44.

Alligood, M. R. (2014). Nursing Theorists and Their Work. In Nursing theorists and their work: Vol. i (Eighth). Elsevier Mosby. https://doi.org/10.5172/conu.2007.24.1.106a

Asti, E. (2021). Pengaruh hubungan pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 terhadap mental peserta didik. EPISTEMA, 2(2), 83–89.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005

Cahyadi, A. (2017). Menuju holistik pembelajaran campuran (blended learning). Holistik: Journal For Islamic Social Sciences, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13812.71049

Elshami, W., Taha, M. H., Abuzaid, M., Saravanan, C., Al Kawas, S., & Abdalla, M. E. (2021). Satisfaction with online learning in the new normal: perspective of students and faculty at medical and health sciences colleges. Medical Education Online, 26(1). https://doi.org/10.1080/10872981.2021.1920090

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656

Hanifah, N., Lutfia, H., Ramadhia, U., & Purna, R. S. (2020). Strategi coping stress saat kuliah daring pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2019 Universitas Andalas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 15(1).

Hasanah, U. (2017). Hubungan antara stres dengan strategi koping mahasiswa tahun pertama akademi keperawatan. Jurnal Wacana Kesehatan, 1(1), 138–145.

Jowsey, T., Foster, G., Cooper-Ioelu, P., & Jacobs, S. (2020). Blended learning via distance in pre-registration nursing education: A scoping review. Nurse Education in Practice, 44(October 2018), 102775. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102775

Lazarevic, B., & Bentz, D. (2021). Student perception of stress in online and face-to-face learning: The exploration of stress determinants. American Journal of Distance Education, 35(1), 2–15. https://doi.org/10.1080/08923647.2020.1748491

Lidiana, E. H., Gati, N. W., & Husain, F. (2021). Manajemen stres dengan latihan berpikir positif di masa pandemi Covid-19. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 77–81.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring dan luring dengan metode bimbingan berkelanjutan pada guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung [Implementation of online and offline learning with sustainable guidance methods for elementary school teachers i. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Moesarofah. (2021). Manajemen stres dalam mereduksi stres mahasiswa di masa learn from home. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 7(1), 46–51.

Mubarak, W. I., Indrawati, L., & Susanto, J. (2015). Buku ajar ilmu keperawatan dasar (1st ed.). Salemba Medika.

Mulia, C., & Lina. (2021). Promoting blended learning to enhance technology adoption of teachers and passion of students in learning. International Symposium on Open, Distance and E-Learning, 223–232.

Muslim, M. (2020). Manajemen stres pada masa pandemi Covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Musradinur. (2016). Stres dan cara mengatasinya dalam perspektif psikologi. Jurnal Edukasi, 2(2), 183–200.

Novieastari, E., Ibrahim, K., Deswani, & Ramdaniati (Eds.). (2020). Dasar-dasar keperawatan (terjemahan bahasa Indonesia) (9th ed.). Elsevier Singapore Pte Ltd.

Pratama, R. E., Mulyati, S., & Susanto, I. (2020). Pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi Covid-19 [Online and engaging learning during the Covid-19 pandemic]. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 354–361. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53368

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi Covid-19 Di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari [Learning strategies through online and offline during the Covid-19 pandemic at SD Negeri Sugihan 03 Bendosari]. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728

Silvestre, C., & Meireles, A. (2021). Survey on student stress during blended learning due to the Covid-19 pandemic. Journal of International Scientific Publications, 19, 9–15.

Sinaga, M. R. E., & Kurniawan, E. A. P. B. (2021). Bagaimana mahasiswa keperawatan menjalani pembelajaran daring? Jurnal Keperawatan, 13(4), 827–836. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i4.1736

Son, C., Hegde, S., Beng, Smith, A., Wang, X., & Sasangohar, F. (2020). Effects of covid-19 on college students mental health in the United States : Interview survey study. Journal of Medical Internet Research, 22(9), 1–14. https://doi.org/10.2196/21279

Sulistyani Puteri Ramadhani. (2020). Pengaruh blended learning terhadap hasil belajar mata kuliah Bimbingan Konseling mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu, 4(2), 327–336.

Wahyuni, E. N. (2017). Mengelola stres dengan pendekatan cognitive behavior modification (studi eksperimen pada mahasiswa baru Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan UIN Maliki Malang). Tadrib, 3(1).

Downloads

Published

05/01/2023

How to Cite

Sinaga, M. R. E., & Puspitasari, R. . (2023). Manajemen Stres Mahasiswa dalam Menjalani Pembelajaran Campuran: Studi Kualitatif. Jurnal Keperawatan, 15(3), 1201–1210. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i3.680