Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Balita dan Pemberian Obat Zink dan Oralit

Authors

  • Siti Syamsiah Universitas Nasional Jakarta
  • Agusman Agusman Politeknik Hangtuah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.508

Keywords:

balita, diare, obat zink dan oralit

Abstract

Penelitian ini mengetahui berbagai factor yang berhubungan dengan kejadian Diare pada balita. Desain pada penelitian yang digunakan adalah dengan Cross Sectional. Besarnya  Populasi dalam peneltian ini adalah semua ibu yang memiliki balita usia 1-5 thn sebanyak 105 responden, dan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 105 responden dengan semua ibu yang memiliki balita usia 1-5 thn. Penelitian ini dengan  menggunakan rumua Slovin. Dalam melakukan penelitian, menggunakan instrument pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk pertanyaan. Responden memilih jawaban yang telah disiapkan dengan dianggap benar diberi tanda cetang. Nilai jawaban benar diberi nilai 1 dan jawaban salah diberikan nilai0.Pemberian skor kuesioner ini menggunakan skala guttman.Validitas dilakukan dengan cara melakukan korelasi antara skor masing masing dengan skor total nya. Valid jika nilai hitung > r tabel dan tidak valid jika nilai r < r tabel. Pernyataan diukur reliabel jika jawaban seorang terhadap pernyataan-pernyataan tidak valid, maka pertanyaan tersebut dibuang.Pertanyaan-pertanyaan yang sudah valid kemuadian baru secara bersamaan diukur reabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa riwayat diare,pemberian ASI EKSLUSIF, pengetahuan ibu, sikap ibu, perilaku cuci tangan dan kepatuhan pemberian obat zink dan oralit disimpulkan ada pengaruh yang signifikan 0,05 (p=0,000) terhadap pencegahan diare pada balita.

References

Achmadi U.F., 2011, Dasar – Dasar Penyakit Berbasis Lingkungan. Jakarta

Andriana D, 2011. Tumbuh Kembang & Terapi bermain pada Anak. Jakarta : Salemba Medika

Arikunto, 2012, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Berhe, H., Mihret, A., & Yitayih, G, 2016. Prevalence of Diarrhea and Associated Factors Among Children Under-FiveYears of Age in Enderta Woreda,Tigray, Northern Ethiopia, 2014. International Journal of Therapeutic

Carrel, 2011, Jurnal Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak. Artikel. UNY.

Depkes R.I., 2012, Profil Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2012.

Dewi, Arindari, D.R., Yuliant, E., 2018, Hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja puskesmas puskesmas punti kayu Palembang, jurnal Ilmiah Kesehatan, Volume 7.

Erly, H. 2015. Pengaruh Pengetahuan Gizi Ibu Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Pola Makan Anak Balita Umur 6 Bulan-5tahun Di Dusun 1 Desa Palumbungan Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga, jurnal ilmu kesehatan

Faure, C., 2013, Role of Antidiarrhoeal Drugs as Adjunctive Therapies for Acute Diarrhoea in Children. International Journal of Pediatrics

Hartat, S., Nurazila. 2017, faktor yang mempengaruhi diare di wilayah kerja puskesmas rejosari pakanbaru. Jurna edurance 3(2)

Henny, 2014, Hubungan Pemberian ASI Eksklusif dengan Kejadian Diare pada Anak Usia 12-24 Bulan di Puskesmas Terjun Medan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Semarang. Vol. 2 (6): 30-45.

IDAI, 2015, Buku Ajar Gastroenterologi-Hepatologi. Jakarta: Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia

Kemenkes R.I, 2018, Situasi Diare di Indonesia. Jakarta

Melitia Ch., Elias, Ricky C., Sondakh, Dina V., dan Rombot, 2014, Hubungan Antara Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Tahuna Timur Kabupaten Kepulauan Sangihe Manado. Fakultas Kesehatan Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Melvani, 2019, Analisis faktor yang berhubungan dengan kejadian Diare pada balita di kelurahan karyajaya kota Palembang jurnal peneletian kesehatan.1.

Nugraheni, M, 2014, Pewarna Alami: Sumber dan Aplikasinya Pada Makanan dan Kesehatan. Graha Ilmu. Yogyakarta. Halaman 106-109. PPM dan PLP.

Sukardi, Iskandar J., William, 2015, Manifestasi Klinis Diare Akut Pada Anak Di RSU Provinsi NTB Mataram Serta Kolerasinya Dengan Derajad Dehidrasi. Jurnal kesehatan lingkungan.42(8)

Sukuti, 2015, faktor faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita umur 6-59 bulan diwilayah Puskesmas Poasia. Jurnal ilmia kesehatan masyarakat. Vol 1, no 3.

Downloads

Published

11/30/2022

How to Cite

Syamsiah, S., & Agusman, A. (2022). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Balita dan Pemberian Obat Zink dan Oralit . Jurnal Keperawatan, 14(4), 1197–1204. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.508