Spiritualitas Mahasiswa yang Menjalani Program Profesi Ners

Authors

  • Anisa Sri Utami Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Irma Fidora Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.46

Keywords:

profesi ners, spiritualitas, stres emosional

Abstract

Mahasiswa pada saat pelaksanaan program pendidikan profesi Ners munculnya beberapa masalah yang akan menyebabkan masalah psikososial seperti cemas dan stress. Sehingga konsep spiritualias dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam hal menyeimbangkan keharmonisan atau keselarasan dengan dunia luar, serta berusaha untuk memperoleh kekuatan ketika sedang menghadapi stress emosional, penyakit fisik atau kematian.  Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran spiritualitas mahasiswa yang menjalani progrm profesi Ners. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif, sampel yang diambil sebanyak 85 orang mahasiswa profesi Ners dengan tehnik simple random sampling dan instrument yang digunakan berupa kuesioner. Uji reabilitas untuk instrument penelitian ini sebesar 0,820. Uji analisis data yang digunakan adalah analisa data univariat uji statistik deskriptif. Hasil penelitian mengatakan bahwa mahasiswa profesi Ners memiliki spiritual baik sebanyak 73 orang (85,9%) dan memiliki spiritual buruk sebanyak 12 orang (14,1%). Berdasarkan hasil penelitian ini,dapat disimpulkan bahwa spiritualitas mahasiswa program Profesi Ners dalam kategori baik. Sehingga dengan adanya hasil penelitian diharapkan dapat memberikan penekanan tentang spiritualitas dalam praktek profesinya sehingga mahasiswa profesi Ners mampu memberikan asuhan keperawatan spiritual dan dapat menerapkan hal tersebut untuk diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari.

References

Ariviana, I. S., Wuryaningsih, E. W., & Kurniyawan, E. H. (2021). Tingkat stres, ansietas, dan depresi mahasiswa profesi ners di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(4), 741–752.

Hamid, A. Y. (2008). Bunga rampai asuhan keperawatan kesehatan jiwa. EGC.

Huang, L., Lei, W., Xu, F., Liu, H., & Yu, L. (2020). Emotional responses and coping strategies in nurses and nursing students during Covid-19 outbreak: A comparative study. PLoS ONE, 15(8 August), 1–12. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0237303

Ismoyomurti, B. (2017). Rentang Respon Kecemasan Mahasiswa Ners Universitas Muhammadiyah Surakarta Saat Melakukan Praktek Stase Keperawatan Gawat Darurat Dan Kritis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kasihani, K., & Syarifuddin, S. (2019). Analisis Perilaku Spiritual Terhadap Penerapan Spritual pada Pasien Gangguan Jiwa di Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 5(1), 124. https://doi.org/10.33143/jhtm.v5i1.339

Kozier, B, E., Beman, A., & Snyder, S. J. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, & Praktik (7th ed.). EGC.

Mulyadi, E., & Hidayat, S. (2016). Hubungan mekanisme koping individu dengan kecemasan komunikasi interpersnal pada mahasiswa ners. Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika, 1(2), 1–7.

Nelwati. (2009). Hubungan Antara Sumber Stres Dengan Koping Mahasiswa Keperawatan Program Pendidikan Profesi. Ners Jurnal Keperawatan Universitas Andalas.

Nurhidayah, R. E. (2011). Pendidikan keperawatan, pendekatan kurikulum berbasis kompetensi. USU Press.

Potter, P. (2010). Fundamental keperawatan (Edisi 7). Salemba Medika.

Sari, D. A. D. C. Y., & Dodi Wijaya, R. P. (2017). Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Keperawatan dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners di PSIK Universitas Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 5(3), 505–512.

Tangkilisan, V. (2013). Gambaran Stres Pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Yang Memiliki Pengalaman Stomatitis Aftosa Rekuren. E-GIGI, 1(2). https://doi.org/10.35790/eg.1.2.2013.3232

Wang, T., Chen, P., Xiang, J., Li, S., Wang, J., Liang, Z., Peng, Y., Wei, L., Wang, J., Liu, J., Chen, Z., Li, G., Zheng, Z., Qiu, S., Luo, J., Ye, C., Zhu, S., & Zhong, N. (2020). Wang, G., Zhang, Y., Zhao, J., Zhang, J., & Jiang, F. (2020). Mitigate the effects of home confinement on children during the COVID-19 outbreak. Lancet (London, England), 395(10228), 945–947. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30547-X. New England Journal of Medicine, 382(18), 1708–1720. https://doi.org/10.1056/NEJMc2001737.2

Young, C., & Koopsen, C. (2007). Spiritualitas, kesehatan, dan penyembuhan. Bina Perintis.

Downloads

Published

03/28/2022

How to Cite

Utami, A. S., & Fidora, I. (2022). Spiritualitas Mahasiswa yang Menjalani Program Profesi Ners. Jurnal Keperawatan, 14(1), 129–134. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.46