Intervensi Clapping, Vibrasi dan Suction terhadap Saturasi Oksigen Pasien dengan Ventilator di Ruang Intensiv

Authors

  • Nasrun Pakaya Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo
  • Mery Adriany Yunus Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo
  • Ibrahim Suleman Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo
  • Jerwati Yunus Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo

Keywords:

clapping, oksigen, suction, ventilator, vibrasi

Abstract

Pasien kritis yang dirawat di ruang perawatan intensif dengan ventilator mekanik menerima sedasi, analgesik kuat dan relaksasi otot, yang membuat pasien tidak dapat mengeluarkan sekret sendiri. Apabila sekret menumpuk pada jalan nafas, maka akan terjadi distress pernafasan. Tindakan fisioterapi dada clapping/vibrasi dan suction membantu memperbaiki ventilasi, meningkatkan kemampuan otot–otot pernafasan dan membuang sekresi bronchial. Review ini bertujuan mengetahui pengaruh clapping, vibrasi dan suction terhadap bersihan jalan nafas pada pasien yang terpasang ventilator di ruang ICU. Metode pencarian artikel menggunakan PICOT framework di database Penelusuran melalui kata kunci pada database Google Shcoolar , Sciencedirect, pubmed. Dengan rentang 5 tahun terakhir, 2017 sampai dengan 2022 didapatkan 12 jurnal. Dari ke 11 jurnal yang dijadikan literature review didapatkan hasil bahwa pemberian intervensi clapping, vibrasi dan suction terhadap SPO2, tidal volume dan bersihan jalan nafas pada pasien yang terpasang ventilator di ruang ICU. Disimpulkan tindakan clapping, vibrasi dan suction sebagian besar mempengaruhi SPO2.

References

AACN (American Assosiation of Critical-Care Nurses). (2016). Retrieved from http://www.aacn.org/wd/publishing/content/pressroom/aboutcriticalcare nursing

Abdallah, M. (2011). Endotracheal Tubes Cuffs. Departement Of Anaesthetics, University of Kwazulu-Natali, 1-24.

Agnesia V, et al. (2019). Pengaruh Clapping, Vibrasi dan Suction terhadap Tidal Volume pada Pasien Pneumonia yang Menggunakan Ventilator di Ruang ICU Royal Prima Medan

Andi, M. 2020. Clapping Dan Vibration Meningkatkan Bersihan Jalan Nafas Pada Pasien ISPA. Kalimantan Utara.

Aryayuni & Siregar (2019). Pengaruh Fisioterapi Dada Terhadap Pengeluaran Sputum Pada Anak Dengan Penyakit Gangguan Pernafasan Di Poli Anak RSUD. Kota Depok. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia. 2(2): 34-42.

Bastian, et al. (2016). Pengalaman Pasien Yang Pernah Terpasang Ventilator. Keperawatan Universitas Padjajaran. Volume 4 No. 1

Bayu & Siti (2017). Pengaruh Tindakan Suction Terhadap Perubahan Saturasi Oksigen Perifer Pada Pasien Yang Di Rrawat Di Ruang ICU RSUD. Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Jurnal Ilmiah Sehat Bebaya 1 (2), 145-154

Chegondi, M. et al. (2018). Effect Of Closed Endotracheal Suctioning On Systemic And Cerebral Oxygenation And Hemodynamics In Children. Pediatric Critical Care Medicine, 19(1), 23-30. https://doi.org/10.1080/14767058.2020.1755649.

Dewa, A. 2017. Diagnosis Dan Penatalaksanaan Gagal Nafas Akut. Bandung.

Doaa G, Et al. (2020). Effect of Chest Percussion and Squeezing On Respiratory Status For Mechanically Ventilated Patients.

Dwi A, et al, (2020) Pengaruh Clapping, Vibrasi, Suction Terhadap Tidal Volume Pasien yang Menggunakan Ventilator Di ICU RSUD Kabupaten Tangerang

Faisal AM, Najihah. (2019). Clapping dan Vibration Meningkatkan Bersihan Jalan Nafas Pada Pasien ISPA Andi. Jurnal Penelitian Kesehatan “Suara Forikes”. 11(1): 77.

Fatin L, Supriyono (2020). Aplikasi Suction Tertutup Untuk Membantu Bersihan Jalan Nafas Pada Pasien Ventilator Di Ruang ICU. Surabaya:EGC.

George N, et al. (2017). Secretion Clearance Strategies in Australian and New Zealand Intensive Care Unit.

Hellena, D., Arifin, M., Sari, F. 2017. Perbandingan Pengukuran Status Sedasi Richmon Agitation Sedation Scale (RASS) Dan Ramsay Sedation Scale (RSS) Pada Pasien Gagal Nafas Terhadap Lama Weaning Ventilator Di GICU RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.

Herlina. 2013. Pengaruh Clapping, Vibrasi, dan Suction Terhadap Tidal Volume Pada Pasien Pneumonia Yang Menggunakan Ventilator Di Ruang ICU RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad Jakarta 2011.

Kozier, et al. (2013). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses & Praktik (7 ed., Vol. 1). Jakarta: EGC.

Kozier & Erb. 2012. Buku Ajar Praktik Keperawatan Klinis. Edisi ke 5. Jakarta : EGC.

Krisna Sundana. (2015). Ventilator Pendekatan Praktis Di Unit Perawatan Kritis. Bandung: CICU.

M Yang, et al. (2013). Chest Physiotheraphy for Pneumonia in adults. Cochrane Database Syst Rev. 2: 1-52.

Maged A, et al. (2018). Effect Of Chest Physical Therapy Modalities On Oxygen Saturation And Partial Pressure Of Arterial Oxygen In Mechanically Ventilated Patients.

Muhaji, et al. (2017). Comparison Of The Effectiveness Of Two Levels Of Suction Pressure On Oxygen Saturation In Patients With Endotracheal Tube.

Musliha, 2010. Keperawatan Gawat Darurat. Yogyakarta : Nuha Medika.

Ni Made Riska, et al. 2020. Pengaruh Teknik Clapping Dan Vibrasi terhadap Saturasi Pasien PPOK Di Ruang IGD RSUD Kabupaten Buleleng.

Novia B, et al. (2019)Pengaruh Tindakan Penghisapan Lendir Endotracheal Tube (ETT) Terhadap Kadar Saturasi Oksigen Pada Pasien yang Dirawat di Ruang ICU (Novia B, et al, 2019).

Pearson & Putri. (2015). Efektivitas Tekanan Hisap 110 mmHg dan 130 mmHg Terhadap Saturasi Oksigen Pada Pasien Yang Terpasang Endotracheal Tube Di Ruang ICU RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Surakarta, Indonesia: Program Studi Ilmu Keperawatn. Poltekkes Kemenkes Surakarta.

Potter & Peery. (2006). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep Proses dan Praktik Edisi 4. Jakarta : EGC.

Purnamiasih DPK. (2020). Pengaruh Fisioterapi Dada Terhadap Perbaikan Klinis Pada Anak Dengan Pneumonia. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia. 5(10): 1053-1064.

Riri, et al. (2018). Pengaruh Open Suction Tehadap Tidal Volume Pada Pasien Yang Menggunakan Ventilator Di Ruang ICU RSUD dr. Soedarso Pontianak.

Roni R, Wahyu R, Yeti. (2015). Perubahan Saturasi Oksigen Pada Pasien Kritis Yang Dilakukan Tindakan Suction Endotracheal Tube Di ICU RSUD dr. Moewardi Surakarta.

Rose, et al. (2012) Critical Care Nurses Pain Assesment and Management Practice: A Survey In Canada. Am J Crit Care,2/(4), 251-9.

Rotua E. et al. (2021). The Effect Of The Combination Of Chest Physiotheraphy And Active Cycle Breathing Tehnique on Respiratory Rate And Ability To Expend Sputum In Chronic Exacerbation Obstructive Lung Disease Patients At Haji Adam Malik Hospital Medan.

Siti, M., Didit, S. Bahrudin, M. 2014. Effektifitas Clapping Dan Vibrating Terhadap Kebersihan Jalan Nafas Klien Dengan Ventilasi Mekanik. Surabaya.

Smeltzer, S. C. (2013) Keperawatan Medikal Bedah Brunner and Suddarth. Edisi 12. Jakarta: Kedokteran EGC.

Sri, et al. (2017). Tingkat Pengetahuan Perawat Dan Penerapan Ventilator Associated Pneumonia Bundle Di Ruang Perawatan Intensif.

Suad Elsayed. (2017). Effect Of Application Of Endotracheal Suction Guidelines On Cardiorespiratory Parameters Of Mechanically Ventilated Patients.

Sundana, K. 2014. Ventilator Pendekatan Praktis Di Unit Perawatan Kritis. Bandung: GICU Bandung.

Downloads

Published

06/28/2022

How to Cite

Pakaya, N., Yunus, M. A., Suleman, I., & Yunus, J. (2022). Intervensi Clapping, Vibrasi dan Suction terhadap Saturasi Oksigen Pasien dengan Ventilator di Ruang Intensiv. Jurnal Keperawatan, 14(S2), 479–490. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/391