Pengaruh Edukasi Strategi Koping terhadap Stres Akademik Siswa selama Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Qori Annastasya Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • Luh Mitra Puspita Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • Ni Luh Putu Eva Yanti Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Keywords:

COVID-19, edukasi strategi koping, stres akademik, siswa

Abstract

Perubahan proses pembelajaran selama masa pandemi COVID-19 menyebabkan pelajar mengalami stres akademik. Stres akademik merupakan suatu kondisi yang terjadi pada pelajar akibat dari adanya tuntutan akademik yang menyebabkan pelajar mengalami gangguan fisiologis, psikologis, kognitif dan sosial. Strategi koping yang tepat akan membantu para pelajar dalam menangani stres akademik. Strategi koping dapat membantu dalam proses penyesuaian diri dan penyelesaian masalah terhadap kondisi yang menyebabkan stres akademik. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan strategi koping yaitu dengan pemberian edukasi strategi koping terhadap stres akademik yang dialami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi strategi koping terhadap stres akademik siswa selama masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Sampel yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dari siswa kelas 7 di SMP Negeri 1 Singaraja sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi berjumlah 40 orang. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon, didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan edukasi strategi koping terhadap stres akademik siswa selama masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Singaraja. Pemberian edukasi strategi koping dengan ceramah tanya jawab, pendampingan dan penyebaran booklet dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu siswa dalam menangani stres akademik, sehingga diharapkan siswa dapat memiliki koping yang baik terhadap stres akademik yang dialami.

References

Afrianti, N., Mudatsir, & Tahlil, T. (2017). Analisis implementasi program pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR). JurnalI Ilmu Keperawatan,5(2),15–25. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIK/article/view/10544/8319.

Anggraini, D. V. (2018). Faktor penyebab stres akademik pada siswa [Universitas Santa Dharma]. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Asrowi, Susilo, A. T., & Hartanto, A. P. (2020). Academic burnout pada peserta didik terdampak covid-19. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 123–130.

Christiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di Berbagai Setting Pendidikan, 8–15. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk/article/view/1129.

Erindana, F. U. N., Nashori, H. F., & Tasaufi, M. N. F. (2021). Penyesuaian diri dan stres akademik mahasiswa tahun pertama. Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), 11. https://doi.org/10.31293/mv.v4i1.5303

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656

Firdana, L. (2020). Efektivitas booklet sarapan sehat sebagai media edukasi konsumsi makanan jajanan pada pelajar SMP Negeri 1 Jember. Politeknik Negeri Jember.

Fitriani, M. (2021). Gambaran stres akademik siswa smp saat pembelajaran daring (online) di Kota Padang.SocioHumanus, 3(1), 76–85. http://ejournal.pamaaksara.org/index.php/sohum/article/view/227

Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. H. (2017). Perbedaan stres akademik pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan berdasarkan jenis kelamin di fakultas kesehatan universitas tribhuwana tunggadewi palang. Nursing News, 2(3), 220–229.

Kemdikbud. (2020). Panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal and coping. New York: Springer

Lestari, L., & Ramadhaniyanti. (2018). Falsafah dan teori keperawatan. Pustaka Pelajar.

Mahardhani, F. O., Ramadhani, A. N., Isnanti, R. M., Chasanah, T. N., & Praptomojati, A. (2020). Pelatihan strategi koping fokus emosi untuk menurunkan stres akademik pada mahasiswa. Gadjah MadaJournalofProfessionalPsychology (GamaJPP), 6(1), 60. https://doi.org/10.22146/gamajpp.55253

Moniteri, I. (2021). Pengaruh kejenuhan (burnout) belajar dan stres akademik terhadap coping stress dalam pembelajaran daring siswa kelas viii di smp bhineka karya. Widya Dharma

Mutiara, A. (2017). Aplikasi teori keperawatan Nola J Pender pada An. R dalam asuhan keperawatan dengan masalah skabies di Puskesmas Jembatan Kecil. Journal of Nursing and Public Health, 5(2), 1–8.

Nurmala, I., Rahman, F., Nugroho, A., Erlyani, N., Laily, N., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi kesehatan. Airlangga University Press.

Pender, N. J., Murdaugh, C. L., & Parsons, M. A. (2015). Health promotion in nursing practice (7th ed.). Pearson Education. https://doi.org/10.1007/BF00841552

Prokomsetda. (2021). Datangi SMPN 1 Singaraja, sekda suyasa tinjau kesiapan penerapan PTMT. Buleleng: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Purba, S. A. B. (2020). Tingkat stress pada siswa yang bersekolah dengan media daring di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. In Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29092

Rosa, N. N., Retnaningsih, L. E., & Jannah, M. (2021). Pengaruh strategi koping stres mahasiswa terhadap stres akademik di era pandemi Covid-19. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2(2), 103–111.

Saputra, Y. N., & Mendrofa, Y. S. D. (2021). Pengaruh penggunaan metode ceramah dan media slide presentasi terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 5(1), 105–121. https://doi.org/10.37368/ja.v5i1.158

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2012). Health psychology: Biopsychosocial

Sari, I. W. W., Nirmalasari, N., & Hidayati, R. W. (2020). Edukasi audiovisual tentang mengurangi stres dan kecemasan selama masa pandemi Covid-19 Di Wirobrajan Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada, 3(1), 1–8.

Silalahi, V., Lismidiati, W., & Hakimi, M. (2018). Efektivitas audiovisual dan booklet sebagai media edukasi untuk meningkatkan perilaku skrining IVA. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(3), 304. https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i3.4494

Sinaga, F. P. (2019). Hubungan strategi koping dengan tingkat stres pada siswi di Asrama Santa Theresia Medan tahun 2019. In Program Studi Ners Stikes Santa Elisabeth.

Susilowati. (2016). Promosi kesehatan (Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan)

Utami, R. B., Sari, U. S. C., & Sopianingsih, J. (2020). Efektifitas penggunaan media melalui whatsapp dan booklet terhadap sikap ayah asi di wilayah kerja puskesmas tuan tuan kecamatan benua kayong kabupaten ketapang. Jurnal Kebidanan Khatulistiwa, 6(2), 83–90.

Yusriyyah, S. (2020). Hubungan stres akademik dengan academic burnout pada mahasiswa program studi sarjana keperawatan universitas bhakti kencana [Bhakti Kencana University]. http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1330

Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal, 13(2), 235–239.

Zebua, M., Hapsari, E., & Utami, T. (2021). Efektivitas edukasi dengan booklet terhadap peningkatan perilaku seksual pranikah pada remaja Di SMK Veteran 1 Sukoharjo. Universitas Kusuma Husada Surakarta.

Downloads

Published

06/28/2022

How to Cite

Annastasya, Q., Puspita, L. M., & Yanti, N. L. P. E. (2022). Pengaruh Edukasi Strategi Koping terhadap Stres Akademik Siswa selama Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Keperawatan, 14(2), 45–54. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/324