Dukungan Keluarga dan Sumber Informasi terhadap Pemberian Vitamin A pada Balita

Authors

  • Maylar Gurning Program Studi lmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Kesehatan Papua
  • Evi Hudriyyah Hukom Program Studi lmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Kesehatan Papua
  • Fralensia Hatusia Program Studi lmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Kesehatan Papua

Keywords:

balita, dukungan keluarga, pemberian vitamin A, sumber informasi

Abstract

Cakupan pemberian vitamin A pada balita di Indonesia tahun 2019 yaitu sebesar 76,68%, Provinsi dengan persentase tertinggi cakupan pemberian vitamin A adalah di Yogyakarta (100,00%), sedangkan provinsi dengan persentase terendah adalah Papua (31,97%), dan Papua Barat (26,1%), Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dan sumber informasi terhadap pemberian vitamin A pada balita di Puskesmas Majaran Kabupaten Sorong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai balita di Puskesmas Majaran Kabupaten Sorong dengan jumlah 140 responden, pada bulan September 2021. Analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan dukungan keluarga memengaruhi pemberian vitamin A pada balita (p=0,000) dan sumber informasi memengaruhi pemberian vitamin A pada balita (p=0,000) di Puskesmas Majaran Kabupaten Sorong. Kesimpulan bahwa ada pengaruh dukungan keluarga sumber informasi, motivasi terhadap pemberian vitamin A pada balita.

References

Criticos. Media Selection. (2016). International Encyclopedia of Educational Technology. New York: Elseiver Science.

Dinas Kesehatan Papua Barat. 92018). Profil Kesehatan Provinsi Papua Barat.

Fithriyana R. (2016). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Vitamin A dengan Pemberian Vitamin A pada Balita di Desa Kuantan Sako. Jurnal Doppler Universitas Pahlawan Tambusai.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Cakupan Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Balita (6-59 Bulan).

King, A. L. (2015). Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika.

Notoatmodjo Soekidjo. (2013). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspitasari A, Putra WD, Amir H. (2021). Pencegahan Stunting Pada Anak Di Desa Tamangapa Kec. Ma’rang Kab.Pangkep. Idea Pengabdi Masy, 1(1), 05-8.

Riskesdas, (2018). Data dan Informasi Tentang Prevalensi Penyakit Menular Dan Tidak Menular.

Sengen Ambo. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pemberian Vitamin A Pada Balita di Posyandu Falamboyan Wilayah Kerja Puskesmas Rawasari.

Wahyunita, V. D. (2019). Faktor yang Memengaruhj Pemberian Vitamin A Pada Balita Di Kelurahan Ciriung Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Kesehatan Vol 13 No 2.

Wirahmadi, A. (2017). Perlukah Suplementasi Vitamin dan Mineral Pada Bayi dan Anak.

World Health Organization (WHO). Vitamin A Suplementation in Infant and Children 6-59 Month of Age. 2014.

Yanti, Y. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Vitamin A Pada Bayi Usia 6-11 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Air Twar Kota Adang.

Zulfikar. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Peran Tenaga Kesehatan Terhadap Pemberian Vitamin A. Nutriology Jurnal Vol 1 No 2.

Zuriati Z. (2021). Hubungan Menarche dengan Status Gizi pada Remaja Putri di SMP Negeri 2 Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondo Induk. An Idea Health Journal, 1(1), 29-35.

Downloads

Published

06/16/2022

How to Cite

Gurning, M., Hukom, E. H., & Hatusia, F. . (2022). Dukungan Keluarga dan Sumber Informasi terhadap Pemberian Vitamin A pada Balita. Jurnal Keperawatan, 14(2), 427–432. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/24