Penyesuaian Diri Siswa SMA terhadap Pembelajaran Dimasa Adaptasi Kebiasaan Baru

Authors

  • Nursyamsiyah Nursyamsiyah Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Vera Fauziah Fatah Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Bandung

Keywords:

masa adaptasi kebiasaan baru, pembelajaran daring, penyesuaian diri siswa SMA

Abstract

Pandemi Covid 19 mengakibatkan perubahan dalam berbagai tatanan kehidupan termasuk pembelajaran. Awal pandemi, pembelajaran dilakukan secara daring dan selanjutnya bertahap menjadi pembelajaran tatap muka secara terbatas dimasa adaptasi kebiasaan baru. Kemampuan penyesuaian diri siswa SMA terhadap pembelajaran dimasa adaptasi kebiasaan baru sangat diperlukan. Ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri berdampak terhadap kesehatan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa SMA terhadap pembelajaran pada masa adaptasi kebiasaan baru Covid 19 sebagai upaya deteksi untuk mencegah masalah kesehatan remaja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di salah satu wilayah kerja Puskesmas di kota Bandung. Sampel penelitian sebanyak 363 siswa yang diambil dengan cara proporsional sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengumpulan data dengan cara mengukur tingkat penyesuaian diri menggunakan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada 30 responden. Hasil uji validitas menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dengan nilai tiap item diatas 0,361 dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach dengan nilai 0,948. Analisis data menggunakan univariat (distribusi frekuesi dan persentase). Hasil penelitian didapatkan sebanyak 37,2% siswa memiliki penyesuaian diri baik sekali, 61% siswa memilik penyesuaian diri baik dan 1,1% siswa memiliki penyesuian diri cukup. Disarankan para siswa untuk menjaga penyesuaian diri agar tetap baik.

References

Anjaryani, A. M., & Edwina, T. N. (2020). Penyesuaian Diri Pada Lingkungan Sekolah Sebagai Prediktor Motivasi Belajar Pada Siswa Asli Papua. Prosiding Seminar Nasional Milleneial 5.0 Fakultas Psikologi Umby, 0(0), 29. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1375

Aurel, M. I., Annisa, A., Agiel Facriandi, D., Aiyuda, N., & Syaf, A. (2021). Learning Experience of Adjustment Duration in Online Learning (Descriptive Studies in Students): Pengalaman Belajar terhadap Durasi Penyesuaian Diri dalam Pembelajaran Daring ( Studi Deskriptif Pada Mahasiswa). Umsida, 1(1), 1–6. https://press.umsida.ac.id/index.php/iiucp/article/view/620

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Fatah, V. F., Susanti, S., Ariyanti, M., & Nursyamsiyah, N. (2021). Penyesuaian Diri Siswa Tahun Pertama SMP Dimasa Pandemi Covid 19. Jkep, 6(2), 232–239. https://doi.org/10.32668/jkep.v6i2.792

Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 30–39. https://jurnal.iicet.org

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Hockenberry MJ, & Wilson, D. (2013). Wong’s Essentials of Pediatric Nursing.

Hurlock, E. . (2015). Psikologi Perkembangan Suatu Panjang Rentan Kehidupan. Erlangga.

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 135–141. https://doi.org/10.1080/00098655.2020.1751480

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Ramadhana Fitri, R. (2019). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri pada Remaja. Jurnal Riset Psikologi, 2019(2), 1–11. https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.291

Shukla, T., Dosaya, D., Nirban, V. S., & Vavilala, M. P. (2020). Factors extraction of effective teaching-learning in online and conventional classrooms. International Journal of Information and Education Technology, 10(6), 422–427. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.6.1401

Tangkudung, J. P. M. (2014). Proses Adaptasi Menurut Jenis Kelamin Dalam Menunjang Studi Mahasiswa Fisip Universitas Sam Ratulangi. Journal “Acata Diurna,” III(4), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/91253-ID-proses-adaptasi-menurut-jenis-kelamin-da.pdf.

Downloads

Published

06/28/2022

How to Cite

Nursyamsiyah, N., & Fatah, V. F. (2022). Penyesuaian Diri Siswa SMA terhadap Pembelajaran Dimasa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Keperawatan, 14(2), 565–574. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/205