Intervensi Kesiapsiagaan Bencana dalam Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Muhamad Nor Mudhofar Program Studi Keperawatan Blora, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Mu’awanah Mu’awanah Program Studi Keperawatan Blora, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Heru Purnomo Program Studi Keperawatan Blora, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Ajeng Titah Normawati Program Studi Keperawatan Blora, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Semarang

Keywords:

kesiapsiagaan bencana, siswa SMU pengetahuan, pengetahuan dan sikap

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan dan sikap Siswa Sekolah Menengah Umum tentang Kesiapsiagaan Bencana di Kabupten Blora.  Metode penelitian yang  digunakan ádalah dengan menguji perbedaan rata – rata dua kelompok pre test dan kelompok post test yang saling berpasangan. Pengambilan sampel sekolah dalam penelitian ini adalah dengan cara Cluster Random Sampling. Penelitian dilakukan pada siswa SMU direncanakan pada bulan Februari s/d Agustus 2021. Analisis univariat meliputi analisis deskriptif dan analisis bivariat dengan Paired Samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan rerata tingkat pengetahuan dan sikap siswa SMU di Kabupaten Blora dalam kategori baik. Pada awal penelitian rerata tersebut adalah 76% dan setelah diberikan intervensi kesiapsiagaan bencana menjadi 85%. Selisih persentase antara kedua rerata tersebut adalah 9%, yang menunjukkan bahwa intervensi kesiapsiagaan bencana berkontribusi meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa SMU sebesar 12%. Hasil analisis statistic diperoleh nilai p kurang dari 0,001 yang berarti hipotesis kerja penelitian ini diterima. Intervensi kesiapsiagaan bencana mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap pada siswa SMU di Kabupaten Blora.

References

Darmawan, N. A., & Kamaluddin, R. (2021). Literature Review: The Effectiveness of Tabletop Disaster Exercise on Disaster Preparedness. http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/J-SiKep

Desfandi, M. (2014). Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Di Indonesia. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1261

Donsu, J. D. T. (2017). Psikologi Keperawatan. Pustaka Baru Press.

Isnaeni, N. (2016). Tanggapan Siswa tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kebencaaan pada Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana (Swaliba) di SMA Negeri 1 Temanggung. In Universitas Negeri Semarang (Vol. 0, Issue May). http://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12620012/index.pdf

Kabupaten Blora. (2019). 72 Kali Kejadian Kebakaran Hingga Oktober 2019. Https://Www.Blorakab.Go.Id/Index.Php/Public/Berita/Detail/1399/72-Kali-Kejadian-Kebakaran-Hingga-Oktober-2019.

Kosim, K., Muhamad, M., & Hakim, A. (2021). Pengetahuan mitigasi dan kapasitas kebencanaan melalui virtual meeting pada mahasiswa magister IPA Universitas Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.20

Kurniawati, D., & Suwito, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kebencanaan Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 2(2). https://doi.org/10.21067/jpig.v2i2.3507

Mukhlis Mustofa, Dewi Lienoor Setyowati, Juhadi, S. E. P. (2020). Model Pembelajaran Interaktif Edukatif bagi Penanaman Sikap Tanggap Bencana Erupsi Merapi Siswa SD Di Kabupaten Boyolali. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes 910-914, 910–914.

Mustofa, M. (2020). Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Penguatan Karakter Siapsiaga Bencana. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2776

Notoatmodjo, S. (1993). Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Andi Offset.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203

Pratiwi, C, A., Karini, A, M., & Agustin, R, W. (2010). Perbedaan Tingkat Post-Traumatic Stress Disorder Ditinjau Dari Bentuk Dukungan Emosi Pada Penyintas Erupsi Merapi Usia Remaja Dan Dewasa Di Sleman, Yogyakarta. Psikologi Universitas Sebelas Maret, 15(2), 86–115.

Ramli, D. (2014). Penerapan Pelatihan Siaga Bencana Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Komunitas SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA) Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1(1).

Setiawati, I., Utami, G. T., & Sabrian, F. (2020). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Perawat Tentang Kesiapsiagaan Pelayanan Kesehatan Dalam Menghadapi Bencana Banjir. Jurnal Ners Indonesia, 10(2), 158. https://doi.org/10.31258/jni.10.2.158-169

Setyowati, D. L. (2019). Pendidikan Kebencanaan. Urgensi Pendidikan Mitigasi Bencana, 1–14.

Downloads

Published

06/28/2022

How to Cite

Mudhofar, M. N., Mu’awanah, M., Purnomo, H., & Normawati, A. T. (2022). Intervensi Kesiapsiagaan Bencana dalam Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Keperawatan, 14(2), 583–588. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/203