Karakter Anak Pra Sekolah dengan Pola Asuh Orang Tua

Authors

  • Ethyca Sari STIKES William Booth
  • Tri Nurkristina Universitas Diponegoro
  • Untung Sujianto Universitas Diponegoro

Keywords:

anak usai prasekolah, karakter anak, pola asuh orang tua

Abstract

Interaksi antara orang tua dan anak akan memberikan stimulasi  yang baik sehingga  anak merasakan adanya bimbingan , diperhatikan  tumbuh kembang, serta menanamkan nilai-nilai positif , baik dalam tingkah laku maupun pengetahuan untuk berkembang dengan baik dimana adanya penguatan positif. oleh orang tua . Pembentukan karakter anak prasekolah mencerminkan karakter anak  prasekolah tersebut diantaranya tentang kejujuran, kedisiplinan , keberanian serta perilaku atau kebiasaan yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakter anak prasekolah dengan pola asuh orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian 100 responden anak TK di wilayah kecamatan Bubutan Surabaya . Uji statistik yang dipergunakan adalah Chi Square dengan tingkat kemaknaan p<0.05. Pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk pola asuh orang tua dan Karakter anak dengan lembar observasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh yang terbanyak demokratis 48 responden ( 48%) dengan karakter anak cukup sebanyak 67 responden ( 67%). Dari hasil uji statistic dengan menggunakan Chi Square menunjukan hasil p value 0.259 yang artinya tidak ada hubungan karakter anak prasekolah dengan pola asuh orang tua.  Kesimpulan bahwa karakter anak tidak hanya ditinjau dari pola asuh orang tua tetapi bisa karena faktor keturunan, pendidikan maupun pengalaman serta lingkungan.

References

Adawiyah, Rabiatul. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak‟, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7: 34.

Ahmad, Susanto. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ahmad, Yani., Ery, Khaeriyah., Maulidya, Ulfah. (2017). Implementasi Islamic Parenting dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Ra-At-Taqwa Kota Cirebon.

Ayuningsih, Diah. Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Pustaka La-rasati. 2012.

Abdul Aziz, Hamka. (2011). Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Arrikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakter (Jakarta: Rineka cipta, 2013)

A, Doni Koesoema. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Gramedia.

Afriyani,Sofia.2012.Meningkatkan kemampuan Motorik Halus Melalui Bimbingan Belajar Kegiatan Mewarnai Gambar di TK Pertiwi 1 Terban Kudus Th. Pelajaran 2012/2013.Kudus: Universitas Muria Kudus.

Anggraini, R. (2014). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Vol 2 No.1.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Irma khoirsyah Riati. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini‟, Jurnal Infantia, 4.2:5.

Novriyansah, Andika, „Study Tentang Perkembangan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini‟, Potensia, PG- PAUD FKIP UNIB, 2 (2017), 1

Susanti. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Guru Dalam Perkembangan Moral pada Anak Usia Dini‟, Jurnal Pendidikan Islam, 9.2 (2017), 26

Solihin, Selamet Kusdi. (2018)Peranan Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak‟, Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1:1.

Rusilaanti. (2015). Gizi dan Kesehatan Anak Prasekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

06/28/2022

How to Cite

Sari , E., Nurkristina, T., & Sujianto, U. (2022). Karakter Anak Pra Sekolah dengan Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Keperawatan, 14(2), 557–564. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/187