Hubungan Penerimaan Diri dengan Tingkat Stres pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe Ii

Authors

  • Nunung Liawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi
  • Elsa Novia Pertiwi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi
  • Yosep Purnairawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i4.1844

Keywords:

diabetes mellitus, penerimaan diri, tingkat stres

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan urutan ke tujuh insiden diabetes mellitus tertinggi di dunia dengan prevalensi sebanyak 6,2% atau lebih dari 10,8 juta penduduk di Indonesia menderita diabetes melitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerimaan diri dengan tingkat stress pada penderita Diabetes Mellitus Tipe II di Kelurahan Cisarua Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sukabumi Kota Sukabumi. Penerimaan diri yaitu berpandangan positif terhadap dirinya sendiri, mampu menerima kelebihan serta kekurangan yang ada pada dirinya. Stres adalah keadaan di mana seseorang mengalami kesulitan yang signifikan untuk menyesuaikan diri karena keseimbangan tubuhnya terganggu. Jenis Penelitian deskriptif korelasional dengan Pendekatan Cross Sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 orang. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan total sampling. Analisa data menggunakan Chi Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden mengalami penerimaan diri yang rendah, yaitu sebanyak 53 responden (55,8%) dan 42 responden (44,2%) mengalami tingkat stress yang normal. Hasil uji Chi Square menunjukkan p-value 0.000 yang berarti H0 ditolak. Kesimpulan terdapat hubungan antara penerimaan diri dengan tingkat stress pada penderita Diabetes Mellitus Tipe II. Diharapkan pihak UPTD Puskesmas Sukabumi dapat melakukan konsultasi rutin.

References

Andopa, R. & S. (2022). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Tahapan Kehilangan Pada Pasien DM TIPE 2 di Puskesmas Lingkar Timur. Jurnal Ners Generation, 01(01), 1–7.

Arzaq, M., Hamidi, M. N. S., Mufti, L., Isnaeni, A., Program, M., Sarjana, S., Universitas, K., Tuanku, P., Universitas, D., & Tuanku, P. (2022). Hubungan Tingkat Stres Dan Pola Tidur Dengan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus Tipe II Di Wilayah Kerja UPTD BLUD Puskesmas Airtiris. Jurnal Kesehatan Terpadu, 1(1), 11–19.

Azizah, N. (2019). Hubungan Penerimaan Diri dengan Kualitas Hidup pada Pasien DM Tipe 2 di Poli Penyakit Dalam RS Tingkat III Baladhika Husada JEMBER

Budhiana, J. (2019). Modul Metode Penelitian. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi.

Dhewa, W., & Karyono, Y. (n.d.). Korelasi Antara Penerimaan Diri Dengan Stress Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe-2 Di Rsup Dr. Kariadi.

Dwiharini, P., & Hadi, K. Y. L. (2017). Diabetes Mellitus, Stres dan Manajemen Stres. In Stikes Majapahit Mojokerto.

Engkartini, E., Rahayu Ningtiyas, A., & Irawansah, O. (2023). Hubungan Tingkat Stres Dan Tingkat Spiritualitas Dengan Kualitas Hidup Pada Penderita DM Tipe 2 Di Puskesmas Cilacap Utara. JINTAN: Jurnal Ilmu Keperawatan, 3(1), 53–59.

Fitriani, M., & Khoiroh Muflihatin, S. (n.d.). Hubungan Penerimaan Diri dengan Manajemen Diri pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Kota Samarinda (Vol. 2, Issue 1).

Haryono, R., & Dwi, B. A. (2019). Buku Ajar Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Gangguan Sistem Endokrin. Pustaka Baru Press.

Inonu, V. F., S.R.W. Dyahwulan, & Rodiani. (2018). Hubungan Penerimaan Diri dengan Kualitas Hidup dan Kadar Glukosa Darah pada Pasien Diabetes Mellitus pada Peserta Prolanis di Puskesmas Kedaton Bandarlampung. Bandarlampung : Universitas Lampung

Kardiyudiani, Ni Ketut & Susanti, B. A. D. (2018). Keperawatan Medikal Bedah 1. Pustaka Baru Press.

Livana, Sari, P., & Hermanto. (2018). Pelayanan kesehatan maternal dan neonatal. Jakarta: YBP-SP, 2(1), 58.

Marlina, S., Rosidin, U., & Pebrianti, S. (2021). Studi literatur: Gambaran penerimaan diri penderita diabetes mellitus tipe II. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(1), 117–132.

Muzaiyana, Husna, C., & Darliana, D. (2022). Tingkat Stres Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Selama Pandemi COVID-19 di RSUD Meuraxa Banda Aceh Stress Levels In Type 2 Diabetes Mellitus Patients During The COVID-19 Pandemic In Meuraxa Hospital , Banda Aceh. VI(2).

Nababan, T., Kaban, K. B., Nurhayati, E. L., Nasution, R. H., Keperawatan, F., & Kebidanan, D. (2020). Hubungan Tingkat Stres Terhadap Peningkatan Kadar Gula Darah Pada Pasien Dm Tipe Ii Di Rsu. Royal Prima Medan. Jurnal Keperawatan Priority, 3(1).

Nastiti, D. (2022). Hubungan Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Padila. (2018). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah 1. Nuha Medika.

Prawerti, Komang S.B dkk. (2023). Hubungan Penerimaan Diri (Self-Acceptance) dengan Tingkat Stres pada Penderita Diabetes Mellitus. Prosiding Simposium Kesehatan Nasional.

Rahmatia, S., Basri, M., Mustafa, M., Nur, A., Poltekkes, Z., & Makassar, K. (2020). Studi Literatur Hubungan Stres Dengan Penerimaan Diri Pada Pasien Ulkus Diabetik Literature Study of Correlation Between Stress and Self Acceptance in Diabetic Ulcers Patients. In Politeknik Kesehatan Makassar (Vol. 11).

Ritonga, Edisyah Putra & Ningsih, R. W. (2021). Pengaruh Manajemen Stres Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. 7(1), 40–46.

Suprapti, E., Suriani, Y., & Rame, Y. (2021). Hubungan Tingkat Stress Pada Penderita Dm Tipe II Dengan Resiko Terjadinya Ulkus Diabetik Di Puskesmas Jongaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 10(2), 184–190.

Tandra, H. (2019). Diabetes Masih Bisadi Kalahkan 5 Rahasia Mengalahkan Diabetes. Rapha Publishing.

Utomo, S. B. (2020). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Tingkat Stres Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe Ii Di Puskesmas Kasihan Ii Bantul Yogyakarta Disusun Guna Memenuhi Sebagian Syarat Dalam Mencapai Gelar S1 Di Program Abstrak Relationship Of Self-Acceptance With Stress Le. Alma Ata.

Wulansari, & Ismiriyam, F. V. (2023). Gambaran Self Acceptance pada Klien Lansia yang Terdiagnosis Diabetes Mellitus. Jurnal Keperawatan Berbidaya Sehat, 1(1), 47–53.

Yan, L. S., Marisdayana, R., & Irma, R. (2017). Hubungan Penerimaan Diri Dan Tingkat Stres Pada Penderita Diabetes Mellitus. Jurnal Endurance, 2(3), 312.

Yani, S.I. (2020). Hubungan Penerimaan Diri dengan Tingkat Stres Pasien Diabetes Mellitus. SKRIPSI.

Downloads

Published

01/11/2024

How to Cite

Liawati, N., Pertiwi, E. N. ., & Purnairawan, Y. . (2024). Hubungan Penerimaan Diri dengan Tingkat Stres pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe Ii . Jurnal Keperawatan, 16(4), 1255–1262. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i4.1844