Pengaruh Edukasi Tentang RJP Menggunakan Media Audio Visual terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa

Authors

  • Caturing Ayu Suryaningsih Pali Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang
  • Yoany Maria Vianney Bita Aty Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang
  • Domianus Namuwali Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang
  • Irfan Irfan Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang
  • Florentianus Tat Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v17i1.1836

Keywords:

bantuan hidup dasar, edukasi, media audio visual, pengetahuan, siswa

Abstract

Henti jantung merupakan salah satu kasus yang mengancam nyawa seseorang dan berakibat kematian apabila lama dalam pertolongan. Hal ini menunjukkan pentingnya keterampilan dan pengetahuan untuk memberikan bantuan hidup dasar secara cepat dan tepat, terutama kepada masyarakat awam. Tujuan penilitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi tentang bantuan hidup dasar menggunakan media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan siswa SMAN 10 Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain pre-experimental one group pre-post test design. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dengan jumlah 78 responden, instrumennya adalah kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji wilcoxon signed test. Mayoritas tingkat pengetahuan sebelum edukasi adalah kurang sebanyak 53 responden (67,9%), dan setelah edukasi adalah baik sebanyak 60 responden (76,9%). Hasil uji statistik menggunakan uji wilcoxon diperoleh p-value 0,000. Ada pengaruh edukasi tentang bantuan hidup dasar menggunakan media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan siswa SMAN 10 Kota Kupang.

References

Aisyah, W., Saelan, S.Kep, Ns, M.Kep, R. N. F., & S.Kep., Ns., M. K. (2022). Pengaruh Edukasi Bantuan Hidup Dasar Dengan Media Flip Chart Terhadap Tingkat Pengetahuan Dalam Penanganan Pasien Henti Jantung Di Masyarakat Dukuh Talesan Desa Tohkuning. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta, 32.

Aty, Y. M. V. B. (2020). Edukasi “Learning By Doing“ Tingkatkan Kesiapan Kader Dalam Memberikan Bantuan Hidup Dasar di Puskesmas Pembantu Naimata. Bima Nursing Journal, 1(1), 75. https://doi.org/10.32807/bnj.v1i2.515

Aurelia, K. W., Siwi, A. S., & Suandika, M. (2022). Efektivitas Pemberian Audiovisual Tentang Bantuan Hidup Dasar (RJP) Terhadap Tingkat Pengetahuan Nelayan Dalam Menangani Korban Tenggelam. Citra Delima : Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 6(2), 98–104. https://doi.org/10.33862/citradelima.v6i2.324

Betts, R. A. (2020). American Heart Association tahun 2020 Kejadian Penting Pedoman CPR dan ECC. Hospital management, 86(2).

Chilappa, R., & Waxman, M. (2021). Basic Life Support Awareness and Knowledge in High School Students. Kansas Journal of Medicine, 14, 38–41. https://doi.org/10.17161/kjm.vol1414611

Damansyah, H., & Yunus, P. (2018). Pengaruh Edukasi Keterampilan Basic Life Support Menggunakan Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan Mahasiswa Keperawatan Muhammadiyah Gorontalo. Jurnal Zaitun, 000.

Darwati, L. E., & Setianingsih, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Orang Awam tentang Penanganan Out of Hospital Cardiac Arrest melalui Aplikasi Resusitasi Jantung Paru pada Smartphone. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 97–102.

Eri Kurniasari, Diadjeng Setya Wardani, Rismaina Putri, & Miftahul Jannah. (2023). Efektifitas Edukasi Menggunakan Media Audio Visual Dan E-Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu Dalam Pencegahan Stunting Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health), 14(1), 13–20. https://doi.org/10.52299/jks.v14i1.146

Fatmawati, A., Mawaddah, N., & Prafita Sari, I. (2020). Peningkatan Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar Pada Kondisi Henti Jantung Di Luar Rumah Sakit Dan Resusitasi Jantung Paru Kepada Siswa SMA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1176–1184.

Fatmawati, B. R., Suprayitna, M., & Prihatin, K. (2019). Efektifitas Edukasi Basic Life Support dengan Media Audiovisual dan Praktik Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Jenjang D.III Stikes Yarsi Mataram Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(1), 6–12. https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i1.2019.68

Fratta, K. A., Bouland, A. J., Vesselinov, R., Levy, M. J., Seaman, K. G., Lawner, B. J., & Hirshon, J. M. (2020). Evaluating barriers to community CPR education. The American Journal of Emergency Medicine, 38(3), 603–609. https://doi.org/10.1016/j.ajem.2019.10.019

Juwita, H., & Prihatini, S. (2022). Pengaruh Edukasi Bantuan Hidup Dasar Terhadap Peningkatan Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar pada Siswa SMKN 2 Makassar. Jurnal Ilmiah Amanah Akademika (JIHAD), D.

Kemenkes. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018.

Ningsih, M. U., & Atmaja, H. K. (2019). Metode Video Edukasi Efektif Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Melakukan Bantuan Hidup Dasar (RJP). Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 1(1), 8. https://doi.org/10.32807/jkt.v1i1.17

Nurjanah, D. S., & Suparti, S. (2022). Pengaruh Edukasi Bantuan Hidup Dasar dengan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan Pengawas Kolam Renang di Kabupaten Purbalingga. 9(1), 1–7.

Oktafiani, M., & Fitriana, N. F. (2022). Pengaruh Pembelajaran Audiovisual Terhadap Pengetahuan Anggota Pmr Bharaku Smk Negeri 1 Kutasari Tentang Bantuan Hidup Dasar (RJP). Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(1), 133–141. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3860

Perki. (2020). Pedoman Bantuan Hidup Dasar dan Bantuan Hidup Jantung Lanjut pada Dewasa, Anak, dan Neonatus Terduga/ Positif COVID-19. Indonesian Heart Association, 62, 1–13.

Riris Risca Megawati, Bagus Ananta Tanujiarso, S. N. A. (2022). Edukasi Bantuan Hidup Dasar Melalui Pelatihan Pertolongan Pertama Korban Tenggelam Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Nelayan. Ilmiah ilmu keperawatan.

Siti Romadoni, Sulissia, & Romiko. (2023). Pengaruh Video Edukasi Tentang Penanganan Awal Kejang Pada Anak Terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua Di Tk Aisyiyah 11 Palembang. Jurnal Inspirasi Kesehatan, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.52523/jika.v1i1.9

Uny, I., Angus, K., Duncan, E., & Dobbie, F. (2023). Barriers and facilitators to delivering bystander cardiopulmonary resuscitation in deprived communities: A systematic review. Perspectives in Public Health, 143(1), 43–53. https://doi.org/10.1177/17579139211055497

Wahyuningsih, I., Rifa’i, V. A., Herlianita, R., & Pratiwi, I. D. (2022). Pengaruh Metode Self Direct Video Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Resusitasi Jantung Paru (RJP) Pada Relawan. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 155–170.

Wang, Y.-M., Lin, L.-T., Jiang, J.-H., Jiang, Y., & Jin, X.-Q. (2022). Public knowledge and attitudes toward automated external defibrillators use among first aid eLearning course participants: A survey. Journal of Cardiothoracic Surgery, 17(1), 119. https://doi.org/10.1186/s13019-022-01863-1

Widyarani, L. (2018). Analisis Pengaruh Pelatihan Resusitasi Jantung Paru RJP Dewasa terhadap Retensi Pengetahuan dan Ketrampilan RJP pada Mahasiswa Keperawatan di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(3), 143. https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.3.718

Wiliastuti, U. N., Anna, A., & Mirwanti, R. (2018). Pengetahuan Tim Reaksi Cepat Tentang Bantuan Hidup Dasar. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 4(2), 77–85. https://doi.org/10.33755/jkk.v4i2.105

Wulansari, Y. W., & Wirasakti, G. (2022). Pengaruh Pembelajaran Multimedia Rjp Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Keperawatan Dalam Melakukan Rjp. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 9(1), 22–28. https://doi.org/10.32539/jks.v9i1.163

Downloads

Published

03/20/2024

How to Cite

Pali, C. A. S. ., Aty, Y. M. V. B. ., Namuwali, D. ., Irfan, I., & Tat, F. . (2024). Pengaruh Edukasi Tentang RJP Menggunakan Media Audio Visual terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa. Jurnal Keperawatan, 17(1), 63–70. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v17i1.1836