Kelas Parenting tentang Anticipatory Guidance untuk Meningkatkan Pengetahuan-Keterampilan Orang Tua dalam Tatalaksana Kejadian Cedera Toddler

Authors

  • Shalsabilla Eka Pratiwi Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Deisy Sri Hardini Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i2.1816

Keywords:

anticipatory guidance, cedera toddler, kelas parenting, keterampilan, pengetahuan

Abstract

Anak usia toddler merupakan masa intensif dalam mengeksplorasi lingkungan dan rasa ingin tahu besar. Mereka mengeksplorasi menggunakan seluruh panca indra dan mengabaikan potensi bahaya yang menyebabkan kecelakaan, bahkan mengakibatkan kematian. Anticipatory Guidance merupakan pedoman dalam memberikan asuhan pada anak sehingga orang tua mampu menghadapi masalah di setiap perkembangan anak, seperti risiko terjadinya cedera. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui optimalisasi kelas parenting tentang anticipatory guidance untuk meningkatkan pengetahuan-keterampilan orang tua dalam tatalaksana kejadian cedera toddler. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimental Design Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di KB (Kelompok Belajar) Aisyiyah Ledug dan KB Baitul Afiah sebanyak 45 responden dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 30 pertanyaan dan lembar observasi dengan 7 pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan-keterampilan sebelum dan sesudah perlakuan.  Analisa yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Menghasilkan nilai p-value pengetahuan 0,024 dan p-value keterampilan 0,000, artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pengetahuan dan keterampilan orang tua pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kelas parenting terhadap pengetahuan dan keterampilan orang tua tentang anticipatory guidance dalam tatalaksana kejadian cedera anak toddler.

References

Arsana, I. W., Irnawati, & Suyono. (2020). Pembentukan Karakter Anak Melalui Pelatihan Parenting Di Desa Kauman Kecamatan Sedayu Kabupaten Gresik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 241–246.

Aty, Y. M. V. B., & Deran, M. K. (2021). Literatur Review : Edukasi Penanganan Tersedak pada Anak. Bima Nursing Journal, 2(2), 82. https://doi.org/10.32807/bnj.v2i2.658

Dewi, S., Agustini, N. L. P. I. B., & Wulansari, N. T. (2019). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Tentang Kejang Demam Terhadap Sikap Orang Tua Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Kejang Demam Pada Anak Di Banjar Binoh Kelod Desa Ubung Kaja. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 3(1), 75–81. https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i1.142

Erhamwilda, E., Afrianti, N., Tazkia, A. H., & Mulyati, H. (2022). Efektivitas Pelatihan Parenting Dalam Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Menyiapkan Generasi Qur’ani. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 793–800. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1329

Grat, K. P., Indriati, G., & Wahyuni, S. (2022). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Risiko Cedera dengan Pencegahan Cedera Berulang pada Anak Usia Toddler. Jurnal Nursing Update, 13(3), 9–18. https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/index

Hardini, D. S., & Barmawi, S. R. (2022). Pengaruh Model Edukasi Berbasis TIK ʺAplikasi Teradamʺ terhadap Pengetahuan Orang Tua dalam Penatalaksanaan Kegawatdaruratan Anak. Jurnal Basicedu, 6(1), 1006–1018. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2064

Hockenberry, M., Wilson, D., & Rodgers, C. C. (2017). Wong’s Essentials of Pediatric Nursing 10th Editio. Canada: Elsevier.

Ikhsan, L. M. (2018). Efektivitas Pelatihan Parenting Metode Studi Kasus Terhadap Peningkatan Pemahaman Pola Pengasuhan Bagi Orang Tua Siswa Kelas III A SDN Deresan Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 7(5), 491–499.

Kameliawati, F., Putri, R. H., & Surmiasih. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Orang Tua Dalam Mencegah Cedera Pada Anak Usia Toddler Di PAUD Tunas Bangsa. Jurnal Wacana Kesehatan, 4(1), 395–403.

Kementerian Kesehatan RI. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kusbiantoro, D. (2014). Praktik Pencegahan Cedera Pada Anak Usia Toddler Ditinjau Dari Pengetahuan dan Sikap Orangtua Tentang Bahaya Cedera di Desa Kembangbahu Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Jurnal Surya, 02(18).

Lestari, D. A., Novayelinda, R., & Safri. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Anticipatory Guidance Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Pencegahan Cedera Pada Anak Usia Toddler. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 38–47.

Liu, W. Y., Tung, T. H., Zhou, Y., Gu, D. T., & Chen, H. Y. (2022). The Relationship Between Knowledge, Attitude, Practice, and Fall Prevention for Childhood in Shanghai, China. Frontiers in Public Health, 10(March). https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.848122

Nandang, M., Zaenuddin, M., & Erlanti, M. S. (2018). Pelatihan Teknik Parenting Oleh Rumah Parenting Bandung. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 220–227. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i3.19788

Nurlaila, N., Utami, W., Waladani, B., Ernawati, E., Nurbaiti, A., Wigusti, A. P., Rahmah, F., & Sugiarti, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Masyarakat Dalam Pola Asuh Aman Dan Pertolongan Pertama Kasus Kegawatdaruratan Pada Anak. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian Dan Bakti), 2(1), 88–95. https://doi.org/10.26753/empati.v2i2.583

Putra, A. A. G. A. (2018). Kematian Akibat Tenggelam: Laporan Kasus. E-Jurnal Medika Udayana, 3(5), 542–551. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/8857

Putri, I. M. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Dengan Perilaku Pencegahan Cidera Pada Anak Balita. Jurnal Keperawatan, 4(1), 4–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/egigi/article/view/5777/5310

Rahayu, S. F., & Anggeriyane, E. (2022). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Anak Tersedak (Choking) Di Madrasah Ibtidaiyah Al Furqan Muhammadiyah Cabang 3 Banjarmasin. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 105–123.

Rahmah, A. A. T., Salsabila, Septiani, V. T., Fatya, I. S., & Putri, Y. F. (2022). Program Parenting: Kelas Pertemuan Orangtua (Kpo) Dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Kelompok/Kelas Anak (Kok). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 01, No. 02, 269–274.

Rasyid, M., Suhesty, A., Nugroho, H., & Aulia, M. R. (2019). Peningkatan Keterampilan Pengasuhan Positif Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Pelatihan Helping Parents with Challenging Children. Jurnal PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(2), 128. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2969

Rasyid, Z., Astuti, D. K., & Purba, C. V. G. (2019). Determinan Kejadian Kejang Demam pada Balita di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budhi Mulia Pekanbaru. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.7454/epidkes.v3i1.2108

Riset Kesehatan Dasar. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. In Kementerian Kesehatan RI (p. 674). http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf

Rusdiana, R. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pencegahan Cedera Dengan Kejadian Cedera Pada Anak Toddler 1-3 Tahun Di Wilayah Puskesmas Tambaruntung. Jurnal Ilmu Kesehatan Insan Sehat, 9(1), 5–9. https://doi.org/10.54004/jikis.v9i1.15

Safitri, D. (2019). WHO: Satu Orang Tewas Tiap 90 Detik Karena Tenggelam. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191010180657-277-438509/who-satu-orang-tewas-tiap-90-detik-karena-tenggelam

Sholichah, A. S., Ayuningrum, D., & Afif, N. (2021). Efektifitas Kegiatan Kajian Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Terhadap Pengasuhan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.41

Wahyuni, E. D., Kurniawati, N. D., Laily, N. R., Dewi, Y. S., & Qona’ah, A. (2020). Pemberdayaan Guru, Staf Dan Orang Tua Kb Tk Khadijah Dalam Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Dengan Pelatihan Bls Dan Ambulasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Kesehatan, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.20473/jpmk.v2i1.19118

Zulkefli, N. A. M., Halim, S. H. A., Ahmad, N., & Mani, K. (2022). A cluster randomised controlled trial on effectiveness of health education-based intervention to improve parental practice in preventing unintentional childhood injury among parents attending health clinics: A study protocol. Medical Journal of Malaysia, 77(2), 203–209.

Zuurmond, M., O’Banion, D., Gladstone, M., Carsamar, S., Kerac, M., Baltussen, M., Tann, C. J., Nyante, G. G., & Polack, S. (2018). Evaluating the impact of a community-based parent training programme for children with cerebral palsy in Ghana. Jurnal PLOS ONE, 13(9), 1–17. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0202096.

Downloads

Published

11/10/2023

How to Cite

Pratiwi, S. E., & Hardini, D. S. . (2023). Kelas Parenting tentang Anticipatory Guidance untuk Meningkatkan Pengetahuan-Keterampilan Orang Tua dalam Tatalaksana Kejadian Cedera Toddler. Jurnal Keperawatan, 16(2), 791–800. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i2.1816