Faktor yang Memengaruhi Tingkat Kecemasan Akademik pada Mahasiswa

Authors

  • Ersy Aprilya Fransiska Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
  • Triyana Harlia Putri Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
  • Titan Ligita Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i1.1502

Keywords:

faktor sosiodemografi, kecemasan akademik, mahasiswa

Abstract

Kecemasan merupakan masalah kesehatan mental yang sering terjadi. Kecemasan dapat dialami oleh siapa saja, termasuk mahasiswa. Mahasiswa tidak lepas dari perasaan cemas. Banyak faktor yang berbeda dapat mempengaruhi kecemasan akademik mahasiswa. Faktor sosiodemografi juga diduga menjadi faktor pendorong kecemasan akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor sosiodemografi dengan tingkat kecemasan akademik mahasiswa. Penelitian bersifat kuantitatif menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Insrumen penelitan menggunakan kuesioner sosiodemografis dan Academic Anxiety Scale pada 92 responden yang diambil dengan teknik quota sampling. Hasil uji validitas instrument penelitian dinyatakan valid dengan hasil uji realibitas menunjukkan nilai koefisien cronbach alpha 0,934. Analisa data menggunakan analisa bivariat dengan uji Chi-square. Hasil studi menunjukkan bahwa tingkat kecemasan akademik mahasiswa sedang, dengan uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara faktor program studi, dan angkatan dengan kecemasan akademik. Namun, tidak terdapat hubungan yang bermakna antara faktor usia, jenis kelamin, dan lama penggunaan smartphone dengan kecemasan akademik mahasiswa.

 

References

Adryana, N. C., Oktafany, Apriliana, E., & Oktaria, D. (2020). Perbandingan tingkat stres pada mahasiswa tingkat I, II dan III Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 9(2).

Ahmad, N., Hussain, S., & Khan, F. N. (2018). Test anxiety: Gender and academic achievements of university students. Journal of Postgraduate Medical Institute, 32(3).

Annoni, A. M., Petrocchi, S., Camerini, A. L., & Marciano, L. (2021). The relationship between social anxiety, smartphone use, dispositional trust and problematic smartphone use: A moderated mediation model. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(5). https://doi.org/10.3390/ijerph18052452.

Arjanggi, R., & Kusumaningsih, L. P. S. (2021). College adjustment of first year students: The role of social anxiety. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(1). https://doi.org/10.12928/jehcp.v5i1.4273.

Arnett, J. J. (2014). Young adulthood. Emerging Adulthood. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199929382.001.0001.

Bamber, M. D., & Morpeth, E. (2019). Effects of mindfulness meditation on college student anxiety: A meta-analysis. Mindfulness (Vol. 10, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s12671-018-0965-5.

Biswas, S., & Biswas, A. (2021). Anxiety level among students of different college and universities in India during lock down in connection to the COVID-19 pandemic. Journal of Public Health (Germany). https://doi.org/10.1007/s10389-020-01431-8.

Desouky, D. E. S., & Abu-Zaid, H. (2020). Mobile phone use pattern and addiction in relation to depression and anxiety. Eastern Mediterranean Health Journal, 26(6). https://doi.org/10.26719/emhj.20.043.

Dzulfikar, A. (2021). Profiling the college students’ anxiety in statistics lectures. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i2.1668.

Fauzi, A. (2020). Tingkat kecemasan mahasiswa dengan durasi penggunaan smartphone. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(1).

Gao, W., Ping, S., & Liu, X. (2020). Gender differences in depression, anxiety, and stress among college students: A longitudinal study from China. Journal of Affective Disorders, 263. https://doi.org/10.1016/j.jad.2019.11.121.

Harlina, & Aiyub. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan. JIM FKep, 3(3).

Hearon, B. A., Quatromoni, P. A., Mascoop, J. L., & Otto, M. W. (2021). The role of anxiety sensitivity in daily physical activity and eating behavior. Eating Behaviors, 15(2). https://doi.org/10.1016/j.eatbeh.2021.03.007.

Hooda, M., & Saini, A. (2020). Academic anxiety: An overview. Educational Quest: An Int. J. of Education and Applied Social Science, 8(3).

Indriani, D., Rahayuningsih, S. I., & Sufriani. (2021). Durasi dan aktivitas penggunaan smartphone berkelanjutan pada remaja. Jim Fkep, 5(1).

Kamberi, M., Hoxha, F., Shala, M., Shahini, M., & Vehapi, S. (2019). Anxiety predictors among college students in Kosovo. International Journal of Adolescence and Youth, 24(1). https://doi.org/10.1080/02673843.2018.1479277

Khusniyah, F. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan pada mahasiswa. Resma, 3(2).

Marbun, S. D. R. P., Hadiati, T., & Sarjana, W. (2020). Perbedaan tingkat kecemasan dan depresi pada mahasiswa. JNH (Journal of Nutrition and Health), 5(1).

Palupi, D. A., Sarjana, W., & Hadiati, T. (2018). Hubungan Ketergantungan smartphone terhadap kecemasan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 7(1), 140–145.

Patil, S. K., Patkar, U. S., & Patkar, K. U. (2020). Comparision of levels of stress in different years of M.B.B.S. students in a medical college - An observational study. International Journal of Contemporary Medical Research, 3(6).

Permata, K. A., & Widiasavitri, P. N. (2019). Hubungan antara kecemasan akademik dan perbedaan jurusan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01). https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p01

Posel, D., Oyenubi, A., & Kollamparambil, U. (2021). Job loss and mental health during the COVID- 19 lockdown: Evidence from South Africa. PLoS ONE, 16(3 March). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0249352.

Prawitasari. (2013). Psikologi Terapan Melintas Batasan Ilmu. Jakarta: Erlangga.

Prayoga, G. (2021). Kesetaraan gender laki-laki dan perempuan dalam pelayanan kesehatan. Jurnal Ilmu Sosial, 2(3).

Ramadhan, A. F., Sukohar, A., & Saftarina, F. (2019). Perbedaan derajat kecemasan antara mahasiswa tahap akademik tingkat awal dengan tingkat akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medula, 9(1).

Rana, S., Taywade, O., Sharma, V., & Hiwarkar, M. (2021). Study of anxiety and stress among first year Medical students in Government Medical College, Himachal Pradesh during Covid-19 pandemic. Asian Journal of Medical Sciences, 12(6). https://doi.org/10.3126/ajms.v12i6.36687.

Sari, A. N., Oktarlina, R. Z., & Septa, T. (2017). Masalah kesehatan jiwa pada mahasiswa Kedokteran. Jurnal Medula, 7(4).

Sari, J. (2019). Kajian Sejarah Keperawatan. Paper.

Sprung, J. M., & Rogers, A. (2021). Work-life balance as a predictor of college student anxiety and depression. Journal of American College Health, 69(7). https://doi.org/10.1080/07448481.2019.1706540.

Stuart. (2016). Prinsip dan praktik keperawatan jiwa buku 2 : Edisi Indonesia. Singapore: Elsevier.

Toby, M. P. (2018). Hubungan antara Kecemasan Akademik dengan Penggunaan Defense Mechanism pada Mahasiswa. Universitas Sanata Dharma.

Vibriyanti, D. (2020). Kesehatan mental masyarakat: mengelola kecemasan di tengah pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.550.

Watt, T., Ceballos, N., Kim, S., Pan, X., & Sharma, S. (2020). The unique nature of depression and anxiety among college students with adverse childhood experiences. Journal of Child and Adolescent Trauma, 13(2). https://doi.org/10.1007/s40653-019-00270-4.

Xiao, P., Chen, L., Dong, X., Zhao, Z., Yu, J., Wang, D., & Li, W. (2022). Anxiety, depression, and satisfaction with life among college students in China: Nine months after initiation of the outbreak of Covid-19. Frontiers in Psychiatry, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2021.777190.

Yuwanto, L. (2020). Mobile phone addict. Proceeding PESAT, 5(1).

Zuverink, A., & Xiang, X. (2020). Anxiety and unmet needs for assistance with daily activities among older adults. Journal of Aging and Health, 32(5–6). https://doi.org/10.1177/0898264319830805.

Downloads

Published

08/05/2023

How to Cite

Ersy Aprilya Fransiska, Triyana Harlia Putri, & Titan Ligita. (2023). Faktor yang Memengaruhi Tingkat Kecemasan Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 16(1), 87–94. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i1.1502