Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Kejang Demam pada Anak terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Media Animasi

Authors

  • Ilham Darmawan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Endiyono Endiyono Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i2.1486

Keywords:

kejang demam, media animasi, tingkat pengetahuan

Abstract

Kejang demam merupakan salah satu kondisi kegawatdaruratan yang sering terjadi pada anak di rumah. Pertolongan pertama yang tepat memberikan kontribusi positif bagi kondisi kesehatan anak. Sebagian besar terjadinya kejang demam pada anak rentan usia 6 sampai 36 bulan dengan puncak kejadian kejang demam pada usia 18 bulan. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pemberian pendidikan kesehatan kejang demam pada anak terhadap tingkat pengetahuan ibu dengan media animasi di Desa Suro Kecamatan Kalibagor. Penilitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penilitian ini menggunakan desain pre eksperimental dengan pendekatan one grup pretest-posttest design. Teknik Sampling mengunakan metode simpke random sampling dengan 68 responden. Instrumen penelitian ini mengguanakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan nilai p-value 0,001 dengan rata-rata pengetahuan responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan memiliki rata-rata skor 7,22 dengan skor terendah 5 dan tertinggi 10. Setelah diberikan pendidikan kesehatan rata-rata skor meningkat menjadi 14,91 dengan skor terendah 13 dan skor tertinggi 16. Dapat di simpulkan bahwa media animasi berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang kejang demam pada anak. Diharapkan dengan pemberian pendidikan kesehatan kejang demam pada anak ibu paham bagaimana pertolongan pertama ketika anak mengalami kejang demam dirumah.

References

Aini, F. N., Kanita, M. W., Prodi, M., Program, K., Universitas, S., Husada, K., Prodi, D., Program, K., Universitas, S., & Husada, K. (2022). Pengaruh Edukasi Tentang Penanganan Kejang Demam Dengan Media Video Animasi Terhadap Sikap Ibu Balita Di Posyandu Desa Joho Mojolaban Sukoharjo. 55, 1–10.

Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926

Al Owaifeer, A. M., Alrefaie, S. M., Alsawah, Z. M., Al Taisan, A. A., Mousa, A., & Ahmad, S. I. (2018). The effect of a short animated educational video on knowledge among glaucoma patients. Clinical Ophthalmology, 12, 805–810. https://doi.org/10.2147/OPTH.S160684

Ebtsam Mohammed Ali Shahba1, R. S. B. M. H. B. and R. A. E.-G. M. (2022). Effect of Educational Program on Mothers’ Knowledge and Practices regarding Care for their Children with Febrile Convulsions. Effect of Educational Program on Mothers’ Knowledge and Practices Regarding Care for Their Children with Febrile Convulsions, 3, 1–14.

Elbilgahy, A. A., & Abd El Aziz, R. A. E. A. E. S. (2017). Effect of implementing an educational module on improving mothers knowledge, home management and attitude about febrile convulsion. Journal of Nursing Education and Practice, 8(3), 1. https://doi.org/10.5430/jnep.v8n3p1

Evis, & Zahroh. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Penanganan Pertama Pada Balita Kejang Demam. Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwifery Sciences), 7, 7–11.

Fitriana, R., & Wanda, D. (2021). Perilaku Ibu Dalam Penanganan Kejang Demam Pada Anak. Journal Of Telenursing (Joting), 3(2). Https://Doi.Org/10.31539/Joting.v3i2.2718

Nuhan, H. G. (2020). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kejang Demam Berulang pada Anak Balita. Buletin Kesehatan, 4(1), 24–36.

Nuryani, N., Nasriati, R., & Verawati, M. (2020). Hubungan Pengetahuan Keluarga Tentang Kejang Demam Dengan Perilaku Penanganan Kejang Demam Sebelum Dibawa Ke Rumah Sakit. Health Sciences Journal, 4(1), 59. https://doi.org/10.24269/hsj.v4i1.403

Purnama Dewi, S. M., Agustini, I. B., & Wulansari, N. T. (2019). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Tentang Kejang Demam Terhadap Sikap Orang Tua Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Kejang Demam Pada Anak Di Banjar Binoh Kelod Desa Ubung Kaja. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 3(1), 75–81. https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i1.142

Puspitasari, J. D., Nurhaeni, N., & Allenidekania, A. (2020). Edukasi Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pencegahan Kejang Demam Berulang. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 4(3), 124. https://doi.org/10.32419/jppni.v4i3.186

Putri, B. D. Y., Herinawati, H., & Susilawati, E. (2021). Pengaruh Promosi Kesehatan Tentang Bounding Attachment Berbasis Video Animasi Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(3), 155–161. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i3.27

Romantikaa, I. W., & Syahrul, S. (2020). Penerapan pendidikan kesehatan berbasis video dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu tentang masalah perilaku pada anak prasekolah Machine Translated by Google. 30.

Sodikin. (2012). Prinsip Perawatan Demam Pada Anak. Pustaka Pelajar.

Tiara, T. M., Romadoni, S., & Imardiani, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Kesiapsiagaan Banjir Di Kelurahan Silaberanti Lorong Dahlia Palembang. Indonesian Journal for Health Sciences, 3(2), 64. https://doi.org/10.24269/ijhs.v3i2.1843

Downloads

Published

10/20/2023

How to Cite

Darmawan, I. ., & Endiyono, E. (2023). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Kejang Demam pada Anak terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Media Animasi. Jurnal Keperawatan, 16(2), 581–586. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i2.1486