Faktor Determinant yang Mempengaruhi Kecemasan Remaja pada Masa Pandemi

Authors

  • Emira Apriyeni Program Studi Sarjana Keperawatan, STIKES Syedza Saintika Padang
  • Helena Patricia Program Studi Sarjana Keperawatan, STIKES Syedza Saintika Padang

Keywords:

dukungan keluarga, konsep diri, religiusitas, strategi koping, tingkat kecemasan

Abstract

Pandemi covid-19 menimbulkan kecemasan pada remaja untuk beraktivitas di luar rumah, terbatasnya sosialisasi, dan khawatir jika terpapar dengan virus Covid-19. Kecemasan akan berdampak pada masalah kesehatan mental remaja. Banyak faktor yang mempengaruhi kecemasan pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor determinant yang berhubungan dengan tingkat kecemasan remaja pada masa pandemi. Jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Padang dengan 105 orang sampel dengan Proporsional Stratified Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner dan dianalisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian didapatkan lebih dari separuh remaja yang mengalami kecemasan sedang-berat sebesar (71,4%). Hasil statistik menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan adalah konsep diri (p=0,002), dukungan keluarga (p=0,000) dan strategi coping (p=0,000), serta religiusitas (p=0,006). Faktor yang paling dominan untuk kecemasan adalah strategi koping (OR=6,7). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara tingkat kecemasan dengan konsep diri, dukungan keluarga, strategi coping dan religiusitas pada remaja. Faktor yang paling dominan adalah strategi koping. Diharapkan sebaiknya remaja memahami konsep diri, dan meningkatkan religiusitas dan menggunakan strategi koping yang baik serta di harapkan keluarga memberikan dukungan kepada remaja agar menggunakan strategi koping untuk mengurangi kecemasan pada remaja.

References

Annisa, M. D. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan umum pada remaja awal. Jurnal Psikologi, 10(2).

Apriyeni, E., Machmud, R., & Sarfika, R. (2019). Gambaran Konflik Antara Remaja dan Orang Tua. 4(1), 52–57.

Bentzen, J. S. (2013). Origins of Religiousness: The Role of Natural Disasters. SSRN Electronic Journal.

Chaerani, & Novianti, E. (2021). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Kecemasan Belajar saat Pandemi Covid 19 pada Remaja The Effect of Family and Peer Support on Study Anxiety during The Covid-19 Pandemic in Adolescents. JurnalIlmiahKesehatanMasyarakat, 13(4).

Chaplin, J. . (2011). Kamus lengkap psikologi. Raja Grafindo Persada.

Cholilah, Indah Roziah, Deyon, A. abdillah zuhair, & Nurmaidah, S. (2020). Gambaran Kecemasan dan Strategi Coping pada Mahasiswa Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Al-Tatwir, 7(1), 43–64.

Donsu, J. D. (2017). Psikologi keperawatan: aspek-aspek psikologi, konsep dasar psikologi, teori perilaku manusia. Pustaka Baru Press.

Dyah, R. K. (2020). Strategi Coping Menghadapi Pandemi Covid-19 pada Populasi Umum Coping Strategies to Face Covid-19 Pandemic in General Population. Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(1), 44–54.

Fazmi, N. (2021). Hubungan Antara Problem Focused Coping dan Kecemasan Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid -19. Jurnal Educatio, 6(1), 1–4.

Friedman, M. (2013). Buku Ajar Keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan Praktek. EGC.

Gumantan, A., Mahmud, I., & Yuliandra, R. (2020). Tingkat kecemasan seseorang terhadap pemberlakuan new normal dan pengetahuan terhadap imunitas tubuh. Sport Scienc and Education Journal, 1(2), 17–27. https://doi.org/10.33365/ssej.v1i2.718

Hidayah, K. (2017). Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Sosial Pada siswa Kelas 2 SMAN 1 Tumpang. Universitas Islam Negeri Maula Malik Ibrahim Malang.

HURLOCK, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Kemenkes, R. (2021). Covid 19 Indonesia. https://covid19.kemkes.go.id/

Mohammadzadeh, F., Noghabi, A. D., Khosravan, S., Bazeli, J., Armanmehr, V., & Paykani, T. (2020). Anxiety Severity Levels and Coping Strategies during the COVID-19 Pandemic among People Aged 15 Years and Above in Gonabad, Iran. Arch Iran Me, 23(9), 633–638. https://doi.org/10.34172/aim.2020.76

Patricia, H., & Apriyeni, E. (2021). Determinant Factors of Psychological Well Being Nurses on the Frontline Against the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd Syedza Saintika International Conference on Nursing, Midwifery, Medical Laboratory Technology, Public Health, and Health Information Management (SeSICNiMPH 2021). https://doi.org/https://doi.org/10.2991/ahsr.k.211026.040

Ruskandi, J. (2021). Kecemasan Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 3(3), 483–492. https://doi.org/https://doi.org/10.37287/jppp.v3i3.530

Safira, A. M. (2021). Pengaruh Fungsi Keluarga Dan Pendapatan Keluarga Terhadap Tingkat Kecemasan Remaja Di Era Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Shigemura, J., Ursano, R., Mrganstein, J., Kurosawa, M., & Benedek, D. (2020). Public responses to the novel 2019 coronavirus (2019‐nCoV) in Japan: Mental health consequences and target populations. Psychiatry Clin Neurosci, 74(4), 281–282. https://doi.org/10.1111/pcn.12988

Stuart, G. W. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Jiwa Stuart Buku 2: Edisi Indonesia. Elseiver.

Taylor, S. . (2012). Health Psychology, 8th edition. McGraw Hill.

Wahyuni, I., Sutarno, & Andika, R. (2020). Hubungan Tingkat Religiusitas Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19 Relation Between Religiosity Levels with Anxiety Levels on College Student During Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, XIII(2), 131–144.

WHO. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). WHO Library Cataloguing-in-Publication DataLibrary Cataloguing-in-Publication Data. https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/ikhtisar-kegiatan-2---11062020.pdf?sfvrsn=654d8232_2

Zhang, C., D, M., Ye, M., Ph, D., Fu, Y., D, M., Yang, M., D, M., Luo, F., D, M., Yuan, J., D, M., Tao, Q., & Ph, D. (2020). The Psychological Impact of the COVID-19 Pandemic on Teenagers in China. Journal of Adolescent Health, 67(6), 747–755. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.08.026.

Downloads

Published

06/28/2022

How to Cite

Apriyeni, E., & Patricia, H. . (2022). Faktor Determinant yang Mempengaruhi Kecemasan Remaja pada Masa Pandemi . Jurnal Keperawatan, 14(2), 481–488. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/101