Hubungan Beban Kerja Mental dan Sistem Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 dengan Stres Kerja pada Guru SLB

Authors

  • Risma Kurniawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Ida Wahyuni Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Baju Widjasena Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro

Keywords:

beban kerja mental, guru, sistem pembelajaran, stres kerja

Abstract

Guru SLB menjadi salah satu pekerjaan yang membutuhkan mental dalam setiap pengambilan keputusannya. Setiap pekerjaan memiliki tuntutan dan tanggung jawab masing-masing begitu pula pada guru.  Tuntutan tersebut dapat menjadi faktor yang menimbulkan terjadinya stres kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara beban kerja mental dan sistem pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 terhadap stres kerja pada guru SLB. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian dilakukan di SLB A YAAT Klaten dan SLB Mitra Ananda Colomadu dengan responden yaitu guru yang berjumlah 32 orang dengan metode sampling yaitu total sampling. Pengambilan dan pengukuran data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner NASA-TLX dan  GHQ-12  untuk  mengetahui  tingkat  beban  kerja mental dan stres kerja responden. Data penelitian dilakukan analisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tempat kerja (p-value = 0.02), jenis kelamin (p-value = 0.036), beban kerja mental (p-value = 0.002; r=0.526) serta sistem pembelajaran masa pandemi Covid-19 (p-value = 0.002) terhadap stres kerja.

References

Amalia, B. R., Wahyuni, I., & Ekawati. (2017). Hubungan Beban Kerja Mental dan Shift Kerja terhadap Stres Kerja Pada Pekerja Checker Pt. Indofood Cbp Sukses Makmur,Tbk Palembang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(5), 239–244.

Ansori, R. R., & Martiana, T. (2017). Hubungan Faktor Karakteristik Individu dan Kondisi Pekerjaan terhadap Stres Kerja Pada Perawat Gigi. The Indonesian Journal of Public Health, 12(1), 75. https://doi.org/10.20473/ijph.v12i1.2017. 75-84

Asih, G. Y., Widhiastuti, H., & Dewi, R. (2018). Stress Kerja. Semarang University Press.

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.46-56

Ferlia, D., Jayanti, S., & Suroto, S. (2016). Analisis Tingkat Stres Kerja Pada Guru Tuna Grahita di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Purwosari Kudus. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e- Journal), 4(3), 331–341.

Idiani, S. & Subardi. 2006. Validitas dan reliabilitas General Health Questionaire Untuk Skrining Distres Psikologi dan Disfungsi Sosial di Masyarakat. Bul.Penel Kesehatan 6(4), 161-174

Nisa, M., Riyandi, Z., & Putra, M. J. A. (2021). Proses Pembelajaran Melalui Metode Luring di SDN 02 Buatan I Pada Masa Pandemi Covid-19. Riau Education Journal, 1(2), 70–77.

Pertiwi, E. Denny, H & Widjasena, B (2017). Hubungan Antara Beban Kerja Mental dengan Stres Kerja Dosen di Suatu Fakultas. Jurnal KesehatanMasyarakat (e-Journal), 5(3), 260–268.

Prastika, S. Gustopo, D.&Vitasari, P. (2020). Analisis Beban Kerja Dengan Metode Nasa-Tlx di PT. Pos Indonesia Cabang Malang Raya. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 6 (2), 24-29

Purnamasari, D., Firdaus, R. A., & Akuba, S. F. (2020). Pengaruh Usia dan Tingkat Pendidikan Terhadap Hasil Kinerja Guru Berdasarkan Nilai Ujian Nasional Siswa. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 142–156. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.545

Pusdatin Kemendikbud, I. (2020). Statistik Persekolahan SLB 2019/2020.

Romadhoni P. (2021). Strategi Pembelajaran Guru Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid19. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rumeen C., Joseph, W. B. S., Rumayar, A. Gambaran Tingkat Stres Kerja Pada Tenaga Pendidik terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di SMPN 1 Likupang Selatan dan SMPN 1 Dimembe. Jurnal Kesmas Sam Ratulangi Manado, 10(6), 101–106

Tarwaka, & Bakri, S. H. a. (2016). Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. http://shadibakri.uniba.ac.id/wp- content/ uploads/2016/03/Buku- Ergonomi.pdf

Tulhusnah, L. (2018). Pengaruh Jam Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Stres Kerja Karyawan di Kantor Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 1(2), 299–312.

Wahyudi, R. N., Marisdayana, R., & Husaini, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Stres Kerja Pada Guru SDLB Negeri 1 Kota Jambi Tahun 2020. 6(2), 764–775.

Widiastuti, R., Sulistiani, P., & Kurniawan, V. R. B. (2017). Analisis Beban Kerja Mental Guru Untuk Perbaikan Sistem Pembelajaran Sekolah Luar Biasa (SLB) Kategori B (Studi Kasus: SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta). Industrial Engineering Journal of the University of Sarjanawiyata Tamansiswa, 1(1), 17–26. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/IEJ ST/article/view/2036

Widiastuti, D (2014). Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus Gangguan Austisme Di SLB Negeri Semarang Tahun 2014. BELIA Early Childhood Papers, 3(2),72-78

Zetli, S. (2019). Hubungan Beban Kerja Mental dan Stres Kerja Pada Tenaga Kependidikan di Kota Batam. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 4(2), 63–70.

Downloads

Published

2022-04-28

How to Cite

Kurniawati, R., Wahyuni, I., & Widjasena, B. (2022). Hubungan Beban Kerja Mental dan Sistem Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 dengan Stres Kerja pada Guru SLB. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 379–388. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/62