Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) dalam Pelayanan Publik

Authors

  • Ivan Tinarbudi Gavinov Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKes Surya Global Yogyakarta
  • Fitri Lestari Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKes Surya Global Yogyakarta

Keywords:

penerapan, pelayanan publik, sistem informasi manajemen puskesmas

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Puskesmas adalah suatu tatanan yang menyediakan informasi untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam melaksanakan manajemen Puskesmas dalam mencapai sasaran kegiatannya. Puskesmas Banguntapan I merupakan sudah menerapkan aplikasi sistem informasi manajemen puskesmas yaitu Digital Government  Servis Bantul berbasis web atau online sejak tahun 2021. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di Puskesmas Banguntapan I, bahwa sistem informasi manajemen puskesmas masih mengalami beberapa masalah yaitu dari segi jaringan internet dan sistem pengolahan data, hal yang menjadi keluhan dari petugas yang ada di puskesmas tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan case study. Penelitian dilakukan di puskesmas Banguntapan I Yogyakarta. Subyek yang digunakan sebanyak 8 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri, lembar check- list, dan pedoman wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan sistem informasi manajemen puskesmas di puskesmas Banguntapan I Yogyakarta sudah berjalan dengan baik, Namun, dalam komponen Process, sistem informasi manajemen puskesmas mengalami beberapa masalah sehingga masih harus dilakukan perbaikan, hal ini disebabkan oleh faktor diantaranya kesulitan dalam mengolah data, serta jaringan internet yang kurang stabil. Kesimpulan yang bisa diambil yaitu bahwa penerapan sistem informasi manajemen puskesmas di puskesmas Banguntapan I Yogyakarta secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, namun belum maksimal penerapannya dan masih harus dilakukan perbaikan.

References

Agustina, Jumita. Manajemen Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) di Puskesmas Pasar Merah Kota Medan Tahun 2019. Diakses dari repositori.usu.ac.id.pada tanggal 5 Juni 2021.

Apsari, A. Efektivitas Pelayanan Publik Satuan Penyelenggara Administrasi SIM dalam Pelayanan SIMPUS Online di Kota Tarakan Tahun 2020. Diakses dari eprint.umm.ac.id. pada tanggal 2 September 2021.

Ardika, Rika. Evaluasi Perbandingan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) Berbasis Web Dan Berbasis Medcis Di Kota Yogyakarta Tahun 2016. Yogyakarta : Stikes Surya Global Yogyakarta.

Cahyani, et al. (2020). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) dengan Metode Hot-Fit Di Puskesmas Gatak. Jurnal Manajemen Informasi & Administrasi Kesehatan Vol 3, No 2 (2020), https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jmiak-rekammedis/article/view/1003 DOI: https://doi.org/10.32585/jmiak.v3i2.1003.

Hakim, et al. (2018). Kesiapan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) di Kota Bima. Journal of Information Systems for Public Health, Vol. 3, No. 3, Desember 2018 , 8-14.

Prasetia, E. . (2011). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) di Puskesmas Kota Mukomuko. Skripsi UGM Yogyakarta.

Pratiwi, D.P & Pujihastuti, A. (2016). Tinjauan Pelaksanaan Pelaporan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) di Puskesmas Jumantono Kabupaten Karanganyar. Jurnal Rekam Medis, ISSN 1979-9551 Volume X No. 2, Oktober 2016, https://ejurnal.stikesmhk.ac.id/index.php/rm/article/view/625/553.

Sinaga, E & Haryanto. (2016). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Puskesmas di Kabupaten Sleman. Journal of Information System for Publlic Health Vol 1, No 3 (2016), https://jurnal.ugm.ac.id/jisph/article/view/6042 https://doi.org/10.22146/jisph.6042.

Wibisono, S & Munawaroh, S. (2012). Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpuskesmas) Berbasis Cloud Computing. Jurnal Dinamik, vol. 17, no. 2, 2012., www.unisbank.ac.id/Journaldinamik.

Yuniar, Vira. Efektivitas Sistem Informasi Laporan Data Kesehatah Ibu dan Anak (KIA) Tahun 2020. Nusa Tenggara Timur : Stikes Panak Kupang.

Downloads

Published

2022-04-28

How to Cite

Gavinov, I. T. ., & Lestari, F. (2022). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 275–280. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/250