Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Tim Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan Kegawatdaruratan

Authors

  • Triska Ayu Fitriani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Rizki Amelia Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Nurmiati Muchlis Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Rezky Aulia yusuf Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v13i4.1344

Keywords:

kualitas layanan, psc 119, tim kinerja

Abstract

Kinerja merupakan hasil kerja seseorang pegawai selama periode tertentu dibandingkan dengan berbagai kemungkinan misalnya standard, target/sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan disepakati bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh antara kinerja tim kesehatan dengan kualitas pelayanan gawat darurat di Public Safety Center (PSC) 119 Takalar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional Study. Populasi adalah seluruh tim kesehatan PSC 119 Takalar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Hasil penelitian ini melaporkan bahwa ketepatan waktu berpengaruh langsung signifikan dan positif terhadap kualitas pelayanan, efektivitas berpengaruh langsung signifikan dan positif terhadap kualitas pelayanan, dan komitmen kerja berpengaruh langsung signifikan dan pengaruh positif pada kualitas layanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) ketepatan waktu berpengaruh terhadap kualitas pelayanan gawat darurat di PSC 119 Takalar, (2) Efektivitas menegaskan pengaruh terhadap kualitas pelayanan gawat darurat di PSC 119 Takalar, (3) komitmen kerja menggambarkan pengaruh terhadap kualitas pelayanan gawat darurat di PSC 119 Takalar (4) menunjukkan efektifitas pengaruh sebesar 17.847 kali terhadap kualitas pelayanan gawat darurat di PSC 119 Takalar.

Author Biographies

Triska Ayu Fitriani, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

 

 

Nurmiati Muchlis, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

 

 

Rezky Aulia yusuf, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

 

 

References

Ambia, N. (2018). Pengaruh Efektivitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sidorame Barat I Kecamatan Medan Perjuangan. Jurnal Publik Reform, 3.

Amelia, A. R., Fitriani, T. A., Muchlis, N., & Triadi, F. (2023). Analysis of the Influence Health Team ’ s Performance on the Quality of Emergency Services at PSC 119 Takalar District. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 13(1), 199–208.

Amiruddin, K. (2013). Panduan Pembentukan Public Safety Center (PSC).

Amran L, & Yuliana. (2021). Kesiapan Sumber Daya Aparat PSC (Public Safety Center) 119 Takalar Dalam Mengimplementasian E-Goverment Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Efektif. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 8(2), 265–278.

Banon, N. S., Arenawati, & Listyaningsih. (2023). Efektivitas Program Layanan Darurat 112 Dalam Penanggulangan Kejadian Gawat Darurat. Jurnal Administrasi Publik, XIX(1), 1–25.

Haris, H. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Layanan Di Pt. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi Dan Ritel Bandung. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(2), 135–151. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i2.5513

Hasbi, F. (2012). Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Poncol Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(2), 37–47. http://www.ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/968

Herawati, D. M. (2022). Pengaruh Konpensasi, Motivasi dan Komitmen Organisasional Terhadap Prestasi Kerja Perawat. In Repository Universitas Islam Malang.

Karaca, A., & Durna, Z. (2019). Patient satisfaction with the quality of nursing care. Nursing Open, 6(2), 535–545. https://doi.org/10.1002/nop2.237

Motaghi, M., Gholizade, L., & Eslami, M. (2023). Investigating the Correlation between Shift Work and Job Commitment and the Mediating Role of Work-Life Balance among Emergency Medical Personnel. Journal of Social Behavior and Community Health, 7(1), 1009–1017.

Muchlis, N., Amir, H., Cahyani, D. D., Alam, R. I., Landu, N., Mikawati, M., Febrianti, N., Junaidin, J., & Sinaga, M. R. E. (2022). The cooperative behavior and intention to stay of nursing personnel in healthcare management. Journal of Medicine and Life, 15(10), 1311–1317. https://doi.org/10.25122/jml-2022-0277

Natsir, M., & Mokoginta, S. (2020). Penerapan Total Quality Manajemen Terhadap Efektivitas Pelayanan Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Monompia Kotamobagu. Jurnal Ilmiah Universitas …, 8(2). https://stiewdkotamobagu.ac.id/wp-content/uploads/2021/06/37-Article-Text-97-1-10-20210319-Moch-N-S-Mokoginta.pdf

Nurmalia, P., & Budiono, I. (2020). Program Public Safety center (PSC) 119 Mataram Emergency Medical Servis (MEMS). Higeia Journal of Public Health Research and Development, 4(2), 301–311.

Pragholapati, A., Yosep, I., & Soemantri, I. (2020). The Correlation of Resilience With Nurses Work Stress In Emergency Unit Rumah Sakit Al Islam (RSAI) Bandung. Sorume Health Sciences Journal, 1(1), 9–18.

Rivai, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 213–223. https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i1.243

Rizkita, P. O., & Meirinawati, M. (2020). Strategi Peningkatan Pelayanan Kegawatdaruratan Melalui Aplikasi Emergency Button Public Safety Center (PSC) 119 di RSUD DR. Iskak Kabupaten Tulungagung. Publika, 8(4).

Rizky, A. (2016). Efektivitas Pelayanan Penanganan Pasien di Instalasi Gawat Darurat (Igd) Rumah Sakit Umum Daerah Petala Bumi Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 3(2).

Ryandini, T. P., & Nurhadi, M. (2019). The influence of motivation and workload on employee performance in hospital. Indonesian Nursing Journal of Education and Clinic (Injec), 5(1), 8–14.

Septiani, A. (2016). Pengaruh faktor-faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di instalasi gawat darurat RSUD Kabupaten Sumedang. Coopetition, 7(1). https://www.semanticscholar.org/paper/PENGARUH-FAKTOR-FAKTOR-KUALITAS-PELAYANAN-TERHADAP-Septiani/433d8e13f8896f412dd28c89566ff3f33eb71325

Sinta, D., & Syelviani, M. (2021). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Kinerja Tim Rekam Medis Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan. Jurnal Analisis Manajemen, 7(1), 16–28. https://www.ejournal.unisi.ac.id/index.php/jam/article/download/1652/984

Sulistiadi, W., Nurhidayah, S., & Al Asyary. (2020). Evaluating the management information system of integrated medical emergency care in batang regency, Indonesia. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(7), 75–85. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i07.14725

Sylvana, B. (2020). Tanggung Jawab Perda dalam Penyelenggaraan Kedaruratan Pra-Hospital Melalui PSC 119 Untuk Peningkatan Layanan Kesehatan di Indonesia. Aktualita, 3(1), 547–564.

Syukriyati, E., & Solikin, I. (2018). Pengaruh Efektivitas Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 269–284. https://ejournal.upi.edu/index.php/JRAK/article/view/13067%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/JRAK/article/viewFile/13067/7718

Vickovic, S. G., & Morrow, W. J. (2020). Examining the Influence of Work Family Conflict on Job Stress, Job Satisfaction, and Organizational Commitment Among Correctional Officers. Criminal Justice Review, 45(1), 5–25. https://doi.org/10.1177/0734016819863099

WHO. (2013). Global Status Report On Road Safety. WHO, 1–318. http://www.who.int/about/licensing/copyright_form/en/index.html

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Fitriani, T. A. ., Amelia, A. R., Muchlis, N., & yusuf, R. A. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Tim Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan Kegawatdaruratan. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(4), 1609–1616. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i4.1344