Analisis Posisi Duduk dan Lama Kerja terhadap Kejadian Low Back Pain (LBP) pada Penjahit Konveksi

Authors

  • Eko Prasetyo Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
  • Noor Faidah Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
  • Dliya Uddin Al-Farisi Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v12i4.1049

Keywords:

lama kerja, low back pain, posisi duduk

Abstract

Low back pain merupakan salah satu gangguan muskuloskeletal akibat dari ergonomi yang salah. Sebagai contoh pekerjaan yang dapat menyebabkan gangguan muskuluskeletal adalah menjahit. Dalam melakukan pekerjaan, pekerja beresiko mendapat kecelakaan ataupun penyakit akibat kerja. Hal ini dapat terjadi karena pekerja sering mengalami posisi duduk dan lama duduk yang tidak sesuai sehingga terjadi keadaan postur yang kaku dan beban otot yang statis. Aktivitas yang terlalu menggunakan gerak ke depan maupun membungkuk, mengangkat beban berat secara tidak tepat, maupun bekerja dengan posisi duduk dalam jangka waktu yang lama kemungkinan merupakan faktor yang dapat menyebabkan nyeri pada bagian anggota badan, punggung, lengan, bagian persendian, dan jaringan otot lainnya. penelitian yang digunakan adalah penelitian secara observasional Analitik. Rancangan penelitian ini menggunakan  pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah penjahit konveksi di Desa Wilalung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak yang berjumlah 53 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan Total Sampling. Uji statistik menggunakan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi duduk memiliki hubungan dengan kejadian Low Back Pain dengan nilai p = 0,001 yang berarti p < 0,05, dan lama kerja menunjukkan tidak ada hubungan dengan kejadian Low Back Pain dengan nilai p = 0,000 yang berarti p > 0,05. Penjahit konveksi melakukan aktivitas secara terus-menerus dalam jangka waktu bertahun-tahun tentunya dapat mengakibatkan gangguan pada tubuh. karena jenis pekerjaan yang biasa dilakukan setiap hari dan sikap kerja yang berulang-ulang yang dapat mengakibatkan terjadinya Low Back Pain.

References

Andini F. (2015). Risk Factors of Low Back Pain in Workers. J.Majority. Universitas Lampung.

Arista PD. (2015). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kasus Low Back Pain Myogenic di RSUD DR Moewardi Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ayuningtyas S. (2012). Hubungan Antara Masa Kerja Dengan Risiko Terjadinya Nyeri Punggung Bawah Pada Karyawan PT. Krakatau Steel di Cilegon Banten. Karya Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fathoni H, handoyo, swasti KG. (2009). Hubungan Sikap dan Posisi Kerja dengan Low Back Pain Pada Perawat di RSUD Purbalingga. Jurnal KeperawatanSoedirman,The Soedirman Journal of Nursing.

Fauzan MT. (2013). Hubungan Antara Faktor Pekerjaan Deangan Kejadian Low Back Pain Pada pekerja Servis Industri bengkel Mobil di Makassar Tahun 2013, Makassar: Fakultas Kedokteran UniversitasHasanuddin.

Hamzah SRM.(2015). Hubungan Antara Lama Kerja dengan Kejadian Low Back Pain (LBP) Pada Pengrajin Batik Tulis di Kemiling Bandar Lampung[skripsi]. Lampung: Universitas Lampung.

ILO. (2003). International Labour Organitation for Company. Bandung: Rajawali.

Notoatmodjo S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineke Cipta.

Nurmianto E. (1998). Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Zulfadhli, Mahdinursyah. (2014). Analisis Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Penjahit di Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar. Jurnal kesehatan Ilmiah Nasuwakes.

Sumekar DW, natalia D. (2010). Nyeri Punggung Pada Operator Komputer Akibat Posisi dan Lama Duduk. Matakuliah Keahlian Berkarya. Lampung: Bagian Ilmu Kedokteran Universitas Lampung.

Tarwaka. (2004). Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan, dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA Press.

Umami AR, Hartatnti RI, Dewi A. (2014). Hubungan Antara Karakteristik Responden dan Sikap Kerja Duduk dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pekerja Batik Tulis. Jurnal Pustaka Kesehatan.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Prasetyo, E., Faidah, N. ., & Al-Farisi, D. U. . (2022). Analisis Posisi Duduk dan Lama Kerja terhadap Kejadian Low Back Pain (LBP) pada Penjahit Konveksi. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 653–660. https://doi.org/10.32583/pskm.v12i4.1049